Breaking News:

Berita Siak

CPNS Siak Ikuti Pelatihan Dasar Sebelum Bertugas

CPNS Siak di Kabupaten Siak mengikuti Latsar CPNS Golongan II dan III Formasi Umum tahun 2021

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Asisten III Setdakab Siak Jamaluddin memasangkan tanda peserta Latsar CPNS, Senin (18/7/2022) di Kantor Bupati Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Siak mengikuti pelatihan dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan III Formasi Umum tahun 2021, dan Lulusan Pola Pembibitan (Polbit) STTD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2022, Senin (18/7/2022) di kantor bupati Siak.

Kegiatan itu dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin. Ia menyampaikan Latsar CPNS berpengaruh strategis dalam membentuk karakter PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional.

"Bagi CPNS usai mengikuti latihan dasar ini, saya berharap PNS lebih profesional, berkarakter dalam melaksanakan tugas dan jabatannya,” kata dia.

Ia mengatakan, PNS bekerja sebagai pelayan masyarakat. PNS merupakan aset negara, sehingga harus mempunyai kompetensi dan SDM yang mumpuni.

“Nilai-nilai dasar dan harus berakhlak, serta berorientasi pada pelayanan, akuntabilitas, kompetensi, harmonisasi, loyalitas, adaptif dan mampu berkolaborasi,” kata dia.

Hal tersebut, kata Jamal, penguatan budaya kerja di instansi Pemerintah untuk mendukung pencapaian kerja individu dan instansi.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala BPSDM Provinsi Riau Asrizal. Ia mengatakan, dalam Undang-undang nomor/05/2014 ada tiga tugas fungsi ASN.

Di antaranya melaksanakan kebijakan publik, pelayanan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

"Kita menyadari untuk mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi tersebut, maka kepada CPNS diperlukan pembekalan atau adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi ini. Menyadari itu lah, maka Lembaga Tim Negara menepatkan seseorang CPNS untuk diangkat menjadi PNS, diwajibkan mengikuti pelatihan dasar CPNS,” terangnya.

Senada juga diungkapkan Kepala BPKSDMD Kabupaten Siak Zulfikri menjelaskan, Pelatihan Dasar CPNS tujuannya untuk mengembangkan kompetensi peserta.

Kegiatan ini dilakukan secara terintegrasi antara pelatihan klasikal dengan non klasikal.

"Menjadi ASN sekarang ini tidak cukup loyal pada pimpinan, pandai komputer saja, namun lebih dari itu para ASN dituntut memiliki skill, inovasi dan yang terpenting berahlak,” kata dia.

Latsar CPNS itu diikuti 73 orang peserta hasil seleksi pengadaan CPNS 2021 sejumlah 72 orang dan 1 orang lulusan Polbit STTD. Peserta CPNS golongan III 47 orang, dan golongan II 26 orang, di antaranya tenaga kesehatan 43 orang dan 30 lainnya tenaga teknis di berbagai perangkat daerah di lingkungan Pemkab Siak. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved