Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Antisipasi Titik Banjir, DPRD Pekanbaru Minta OPD, Camat dan Lurah Action Inventarisir Lokasi Rawan

Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru, pada Rabu (20/7/2022) dini hari, membuat sejumlah daerah banjir.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
TRIBUNPEKANBARU.COM/FERNANDO SIKUMBANG
FOTO ILUSTRASI: Pengendara melintas di tengah genangan banjir Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru, Senin (25/4/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru, pada Rabu (20/7/2022) dini hari, membuat sejumlah daerah banjir.

Kondisi ini diharapkan, bisa dijadikan OPD di Pemko Pekanbaru, untuk menginventarisir lagi, mana saja titik banjir yang parah, sedang dan titik yang berpotensi.

Dengan demikian, bisa dilakukan perbaikan ke depan dengan maksimal dan secara kontineu. Seperti diketahui, setiap kali hujan, Kota Pekanbaru selalu menjadi langganan banjir.

Permasalahan ini, sudah terjadi bertahun-tahun. Namun minim actionnya di lapangan, bahkan terkesan hanya asal penanganan saja.

"Memang beberapa waktu terakhir, pergerakan antisipasi banjir di Kota Pekanbaru sudah nampak. Apalagi di masa Pj Wali Kota Muflihun. Kita harapkan ini terus ditingkatkan," tegas Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono ST, Rabu (20/7/2022) kepada Tribunpekanbaru.com.

Saat ini, dengan minimnya anggaran penanganan banjir di Kota Pekanbaru tahun 2022, hanya Rp 15 miliar, dipastikan tidak bisa mengcover titik banjir yang jumlahnya ratusan titik.

Namun upaya yang bisa dilakukan, lanjut Sigit, OPD terkait mulai Dinas PUPR, Camat, Lurah dan pihak terkait lainnya, rajin turun ke lapangan melihat dan menginventarisirnya.

Setelah itu, membersihkan drainase dari sampah dan tanah, agar air bisa mengalir ke bawah.

"Hanya dengan begitu, kita bisa mengantisipasinya meski sedikit. Jadi, memang harus bersama-sama mengatasi banjir ini," harapnya.

Disinggung mengenai jalan rusak akibat dampak banjir, Politisi Senior Partai Demokrat ini juga mengharapkan, agar Dinas PUPR mendatanya. Termasuk juga jalan rusak akibat galian IPAL.

"Makanya kita minta sekarang Pemko serius lah untuk hal-hal yang menyentuh masyarakat ini. Baik banjir maupun jalan rusak," harapnya.

Seperti diketahui, sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru masih dalam kondisi rusak. Padahal ruas jalan tersebut kerap dilalui oleh para pengguna jalan.

Ruas jalan tersebut di antaranya Jalan Cipta Karya, Jalan Suka Karya, Jalan Delima, Jalan Rajawali dan Jalan Pemuda. Banyak dari ruas jalan itu dalam kondisi rusak dan berlubang.

Data dari Dinas PUPRPekanbaru, ruas jalan rusak mencapai 25 persen dari total ruas jalan di kota ini.

Secara keseluruhan total panjang ruas jalan kota di Pekanbaru mencapai 1.277 KM. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved