Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Ganggu Kenyamanan Warga, DPRD Pekanbaru Desak DLHK Selesaikan Tumpukan Sampah Pasar

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan menyayangkan kondisi tumpukan sampah khususnya sampah di sejumlah pasar yang mengganggu kenyamanan warga

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU/FERNANDO SIKUMBANG
Ilustrasi. Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan desak DLHK Pekanbaru selesaikan tumpukan sampah pasar di kota Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tumpukan sampah di Kota Pekanbaru, tidak hanya dikeluhkan warga di tepi jalan umum.

Namun hingga kini, tumpukan sampah di sejumlah pasar, juga menjadi hal yang paling disoroti warga.

Sebab, selain merusak keindahan kota, juga merusak kenyamanan warga.

Ironisnya, meski sudah sering dilaporkan warga ke lurah, camat dan DLHK Pekanbaru selaku OPD yang bertanggung jawab, namun tidak ada perubahan apapun.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan sangat menyayangkan kondisi ini. Katanya, OPD terkait harus bertanggung jawab untuk mengangkutnya.

Apalagi tumpukan ini terjadi sejak siang hingga malam hari.

"Sebenarnya, DLHK itu bukan tidak tahu. Tapi terlalu banyak teori, makanya menumpuk terus. Ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat, terutama pembeli dan pedagang. Seharusnya perlu ada pengawasan di lapangan," tegas Nurul Ikhsan kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (21/7/2022).

Seperti diketahui, tumpukan sampah yang paling nyata dilihat setiap hari, seperti di Pasar Arengka, Pasar Palapa, Pasar Panam dan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan, ketidakberesan penanganan sampah di Kota Pekanbaru, karena tidak ada ketegasan dan pengawasan yang ketat dari DLHK Pekanbaru.

Padahal, titik sampah ini sudah jelas, dan tidak ada alasan apapun untuk tidak bisa mengangkutnya.

Jika DLHK serius menanganinya, dengan menurunkan petugas di lokasi sampah pasar tersebut, maka tidak akan ada tumpukan sampah yang menggunung tersebut.

"Itu tadi, perlu komitmen lah untuk sampah ini. Tidak hanya tagar, taglin dan slogan. Tapi action nyata, bagaimana tidak ada tumpukan sampah lagi. Tak perlu bertele-tele kajian ini itu. Barang sudah pasti," tegas Politisi Partai Gerindra ini.

Khusus sampah pasar ini, Nurul Ikhsan meminta DLHK, agar segera berkoordinasi dengan Disperindag Pekanbaru, untuk tidak lagi ada sampah di pasar.

"Kami minta juga, jangan ada persepsi lain dulu. Tapi DLHK bersama semua pihak terkait, lebih serius bekerja. Seperti yang kita sampaikan sebelumnya, jika tidak mampu, maka mundur saja kepala OPD nya," tegas Nurul Ikhsan.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved