Breaking News:

Berita Siak

Sambut Tim Penilai, Bupati Siak Alfedri Paparkan Inovasi di Tingkat Kampung

Bupati Siak Alfedri menyambut kedatangan Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Riau

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
ISTIMEWA
Bupati Siak Alfedri menyambut kedatangan Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri menyambut kedatangan Tim Penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Riau di Kantor Penghulu Perawang Barat Kecamatan Tualang dan Kantor Lurah Minas Jaya, Kecamatan Minas.

Kampung dan kelurahan itu dinilai dalam kompetisi kampung/kelurahan terbaik tingkat provinsi.

"Selamat datang Tim penilai di Siak Kota Istana kehadiran kami disini untuk melihat secara langsung penilaian dan didampingi juga oleh Kepala Dinas PMK Provinsi Riau, ini merupakan momentum kami Pemkab Siak bersama Kelurahan dan Kampung-kampung untuk menjadi motivasi dalam meningkatkan tata kelola pelayanan kepada masyarakat secara baik,” kata Alfedri, Jumat (22/7/2022).

Alfedri menguraikan, demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di kampung-kampung, pihaknya mempunyai terobosan baru. Terobosan baru itu dibalut dengan program Bujang Kampung, bupati bekerja dan berkantor di kampung.

“Kegiatan ini kami laksanakan setiap hari Jumat, dengan lokasi kampung yang berbeda setiap pekannya,” kata dia.

Pada program ini, bupati dan wakil bupati beserta sejumlah OPD mendatangi masyarakat secara langsung, mengetahui kebutuhan dan permasalahan yang masyarakat serta memberikan pelayanan. Pelayanan yang utama adalah Adminitrasi Kependudukan, Sosial, Kesehatan, Pertanahan, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Badan Amil Zakat, Pendidikan dan Peningkatan ekonomi masyarakat Kampung melalui UMKM.

“Pada kegiatan Bujang Kampung itu juga kami adakn Rapat Koordinasi (Rakor) Kampung untuk menampung aspirasi dan masukan masyarakat bersama Penghulu kampung, ketua Lembaga Pembangunan Masyarakat (LPM), Ketua Lingkungan, Ketua RW dan Ketua RT,” kata dia.

Ia melanjutkan, Baznas Kabupaten Siak juga berkomitmen melaksanakan program peningkatan pendidikan untuk masyarakat dengan kategori keluarga kurang mampu. Sebab Baznas mendukung program pemeritah Siak yaitu satu sarjana satu sarjana.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Riau melalui kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Pendudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Djoko Edy Imhar mengatakan, pihaknya sangat percaya dengan kinerja kampung dan kelurahan di kabupaten Siak. Sebab ia mengetahui kinerja pemerintahan kampung dan kelurahan di kabupaten Siak karena ia sendiri juga pernah menjabat sebagai camat Sungai Apit.

"Alhamdulillah, Pemerintah Provinsi Riau bisa kembali melaksanakan penilaian bagi Kampung dan Kelurahan dan hari ini kami hadir di Kabupaten Siak dengan berharap kepada tim penilaian untuk profesional serta lebih teliti dan respek terhadap penerapan kebijakan dan inovasi pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh Kampung dan kelurahan yang menjadi sasaran penilaiannya,” kata Djoko Edy Imhar.

Djoko Edy Imhar juga mengatakan agar ajang ini menjadi motivasi oleh pemerintah daerah, kecamatan, kelurahan dan kampung dalam memberikan pelayanan terbaik kepad masyarakat. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved