Breaking News:

DPRD Pekanbaru

APBD 2023 Diperkirakan Rp 2,5 T, DPRD Pekanbaru Sebut PAD Pekanbaru Banyak Bocor

Pemko Pekanbaru sudah mengestimasi APBD Kota Pekanbaru tahun 2023, sama dengan tahun 2022, yakni Rp Rp 2,560 triliun.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Net
Pemko Pekanbaru sudah mengestimasi APBD Kota Pekanbaru tahun 2023, sama dengan tahun 2022, yakni Rp Rp 2,560 triliun. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemko Pekanbaru sudah mengestimasi APBD Kota Pekanbaru tahun 2023, sama dengan tahun 2022, yakni Rp Rp 2,560 triliun.

Saat ini, Kebijakan Umum Anggaran Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Pekanbaru 2023, masih dalam tahap perbaikan dari Pemprov Riau.

Terkait estimasi ini, direspon beberapa fraksi di DPRD Pekanbaru. Legislator menilai, besaran APBD 2023 bisa lebih nilainya, jika kemungkinan kebocoran diantisipasi.

Ketua Fraksi Partai Hanura DPRD Pekanbaru Ali Suseno SH MH menyebutkan, bahwa nilai APBD Pekanbaru sebenarnya bisa tinggi, jika raihan PAD bisa dimaksimalkan OPD terkait.

Namun sayangnya, PAD kota ini banyak yang bocor. Bahkan tingkatkan kebocorannya sangat tinggi, karena lemahnya pengawasan dan masih adanya transaksi secara manual.

"Kita contohkan saja, sekarang berapa mal di Kota Pekanbaru. Berapa pula banyak gerai makanan dan minuman di sana. Apakah pajaknya dipungut secara ril. Belum lagi di tempat yang lain," tegas Ali Suseno kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (25/7/2022).

PAD yang masuk dalam APBD sekarang, tambah Ali Suseno, itu pajak yang diambil secara rutin saja. Sementara pajak yang lainnya, tidak dimaksimalkan.

Di Kota Pekanbaru, sangat banyak potensi pajak yang bisa diraih. Sehingga PAD bisa lebih tinggi, yang tentunya bisa meningkatkan PAD.

"Kebocoran PAD ini kita nilai tinggi. Jika memang serius, maka kita yakin APBD 2023 bisa lebih meningkatkan lagi. Potensi itu besar. Di sini perlu ketegasan OPD," sebutnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono ST. Katanya, untuk target PAD, setiap tahun memang tidak pernah terealisasi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved