Breaking News:

Berita Dumai

Sanca 4 Meter Ular Terbesar Dievakuasi Damkar Dumai, Tangani Sarang Tawon dan Potong Cincin di Jari

Tak hanya kebakaran, Damkar Dumai juga evakuasi ular, sarang tawon dan potong cincin di jari yang bengkak

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/DONNY KUSUMA PUTRA
Kepala UPT Damkar Dumai, Jhony H menjealskan sejumlah kasus nonkedaruratan kebvakaran yang ditangani timnya, mulai dari evakuasi ular, sarang tawon hingga potong cincin di jari bengkak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Tak hanya kebakaran, Damkar Dumai juga evakuasi ular, sarang tawon dan potong cincin di jari yang bengkak.

Kasu-kasus yang ditangani UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Dumai, di bawah naungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dumai itu merupakan permasalahan nondarurat kebakaran.

Dijelaskan Kepala Pelaksana BPBD Dumai, Adyan BP Harahap, melalui Kepala UPT Damkar Dumai, Jhony H, cukup banyak masalah selain kebakaran yang ditangani timnya.

Selama Januari hingga Juni 2022 pihaknya telah mencatat ada 56 kasus nondarurat kebakaran yang telah selesai pihaknya selesaikan.

Dari 56 kasus non darurat tersebut, paling banyak adalah evakuasi ular sanca dan kobra di pemukiman masyarakat, yaitu 25 kasus.

"Kasus evakuasi ular untuk nondarurat sangat mendominasi, untuk semester pertama ini, bahkan ular yang paling besar dievakuasi ada ular sanca sepanjang 4 meter di 2022 ini," katanya, Senin (25/7/2022).

Setelah berhasil mengevaluasi ular dari pemukiman warga, hewan tersebut dikembalikan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman masyarakat, seperti di hutan.

Selain evakuasi ular, tambahnya, Damkar juga melakukan evakuasi tawon dan lebah yang berada di pemukiman warga, karena dianggap sudah menggangu dan membahayakan warga.

"Selain evakuasi sarang tawon, kita juga menyelesaikan tiga kasus yaitu pemotongan cincin, yang mana, cincin tersebut sudah menimbulkan pembekakan di jari, sehingga perlu dilakukan pertolongan," jelasnya.

Jhony menerangkan, selain kasus nondarurat, pihaknya juga mencatat selama semester pertama di 2022 ada 23 kasus kebakaran pemukiman yang terjadi di Kota Dumai.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved