Breaking News:

Berita Siak

98 Persen Sekolah di Siak Sudah Login ke Implementasi Kurikulum Merdeka

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan, sebanyak 98 persen sekolah di kabupaten Siak sudah login ke Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Wabup Siak Husni Merza berbincang dengan staf ahli yang juga Konsultan Pembelajaran Ditjen GTK Kemendikbud RI Weilin Han dan rombongan, terkait implementasi kurikulum merdeka, Selasa kemarin di Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan, sebanyak 98 persen sekolah di kabupaten Siak sudah login ke Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Hal tersebut sebagai langkah maju dunia pendidikan sehingga bisa menggenjot kualitas kehidupan di Siak.

"Kami mengapresiasi para guru dan sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum Merdeka, sehingga Kabupaten Siak masuk 5 besar dengan jumlah Login Platform Merdeka Mengajar (PMM) terbanyak,” kata Husni, Kamis (28/7/2022).

Ia menerangkan, untuk Kabupaten Siak jumlah guru yang login di PMM berjumlah 6.303 orang. Sedangkan yang telah selesai hingga melaksanakan aksi nyata sebanyak 73,59 persen. Sekolah yang telah login ke IKM berjumlah 440 dari 446 sekolah se-Kabupaten Siak.

Terkait hal tersebut staf ahli yang juga Konsultan Pembelajaran Ditjen GTK Kemendikbud RI Weilin Han dan rombongan sudah datang ke kabupaten Siak Selasa kemarin. Mereka melihat implementasi kurikulum merdeka di Siak dan memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan implementasinya.

Sebelumnya Weilin Han mengacungkan jempol kepada Pemkab Siak yang turut membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, melalui penerapan Kurikulum Merdeka.

”Kami apresiasi Pemkab Siak, turut membantu dalam penerapan Kurikulum Merdeka, melalui PMM. Di Provinsi Riau, kabupaten Siak telah menerapkan kurikulum merdeka. Untuk Riau Loginnya tertinggi di Indonesia,” ujar Weilin.

Ia mengatakan, datang ke kabupaten Siak untuk melihat secara langsung praktik baik yang telah dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak. Ia dan rombongan juga menemui guru di sekolah -sekolah melihat secara langsung penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka tersebut.

"Saya yakin Kabupaten Siak sendiri memiliki peran yang besar dalam pencapaian Provinsi Riau, dalam angka Login PMM tertinggi di Indonesia,” ucapnya.

UPT Balai Guru Penggerak Provinsi Riau Reisky Bestary mengatakan kehadirannya ke Kabupaten Siak untuk melakukan audiensi terkait penerapan Kurikulum Merdeka, yang dijalankan secara mandiri oleh satuan pendidikan di Kabupaten Siak. Di Kabupaten Siak, ada 3 pilihan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, yakni, Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi.

“Sesuai dengan kebutuhan, di Kabupaten Siak banyak yang memilih Mandiri Berubah,” jelas Reisky.

Dari data yang diperoleh dari PMM, guru di Kabupaten Siak yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka sekitar 73 persen yang sampai pada aksi nyata.

"Sebenarnya hampir semua sekolah di Kabupaten Siak sudah melaksanakan dan melapor, akan tetapi ada beberapa yang tidak terdata di sistem. Seperti ada 3 sekolah yang terdata belum Login, tapi mereka sudah melapor kalau sudah sampai ke dalam aksi nyata,” katanya. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved