Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Reses Anggota DPRD Pekanbatu, Keluhan Masyarakat Sampai Hari Ini Anak Tak Bisa Masuk Sekolah Negeri

Deretan keluhan masyarakat Kota Pekanbaru, kini tak melulu pada persoalan infrastruktur dan banjir saja.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Istimewa
Anggota DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan, saat reses Jalan Kartama, Perumahan Kartama Raya Blok D RT 03/RW 04, Marpoyan Damai. Saat reses Anggota DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan, Rabu malam (27/7/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Deretan keluhan masyarakat Kota Pekanbaru, kini tak melulu pada persoalan infrastruktur dan banjir saja.

Namun sektor pendidikan juga menjadi keluhan utama, yang hingga tak kunjung ada jalan keluarnya.

Seperti halnya keluhan masyarakat Jalan Kartama, Perumahan Kartama Raya Blok D RT 03/RW 04, Marpoyan Damai.

Saat reses Anggota DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan, Rabu malam (27/7/2022), masyarakat mengeluhkan banyaknya anak-anak warga tempatan, tak bisa masuk SMA Negeri.

"Komplain masyarakat sampai hari ini, anaknya tak bisa masuk SMAN.

Masyarakat minta difasilitasi dan dikomunikasikan dengan provinsi. Sebab SMAN kewenangan provinsi," kata Nurul kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (28/7/2022).

Diakuinya, jumlahnya SMA Negeri di Kota Pekanbaru, tak berbanding lurus dengan jumlah yang tamat SMP. Apalagi di daerah pemilihannya, Marpoyan Damai dan Bukitraya, keberadaan SMA Negeri sangat minim.

Di satu sisi, masyarakat banyak yang tidak mampu memasukkan anaknya ke sekolah swasta, karena besarnya biaya. Kondisi ini lah yang harus segera dicarikan solusi oleh pemerintah.

"Dari sekarang, Pemprov Riau sudah harus mulai menambah dan membangun SMA Negeri baru. Lakukan pemerataan pembangunan di setiap wilayah, sehingga tak menumpuk SMAN di satu kecamatan saja," harapnya.

Ya, potret pendidikan di Kota Pekanbaru makin hari, makin banyak masalah. Sementara pemerintah tidak maksimal menjalankan amanat Undang-undang Pendidikan, yang merupakan tanggung jawab utama pemerintah.

Justru anggaran lebih banyak diposkan untuk kegiatan lain, yang notabenenya lebih ke seremonial.

"Ini tanggung jawab kita bersama, ayo bergandengan tangan memajukan pendidikan di Kota Pekanbaru, yang merupakan Ibukota Provinsi Riau," harapnya mengajak.

Selain pendidikan, dalam lanjutan reses Anggota DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan Rabu malam di RT 02 RW 05, juga masyarakat menyampaikan aspirasi terkait drainase lingkungan kurang lancar, rehab Mushola Al Ikhsan, bantuan UMKM, hingga hal prioritas masyarakat lainnya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved