Breaking News:

Tekno

Steam, Dota, Epic Games, Counter Strike Diblokir Kominfo, Platform Digital Belum Daftar PSE

Dota, Epic Games, Steam, Counter Strike hingga Origin diblokir oleh Kominfo mulai hari ini Sabtu 30 Juli 2022.

Editor: Sesri
HITC
ilustrasi Steam 

TRIBUNPEKANBARU.COM  - Dota, Epic Games, Steam, Counter Strike hingga Origin diblokir oleh Kominfo mulai hari ini Sabtu 30 Juli 2022.

Sesuai rencana sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai memblokir sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat (platform digital) besar yang ada di Indonesia, mulai hari ini, 30 Juli 2022.

Platform digital tersebut mulai diblokir Kominfo karena belum juga mendaftarkan diri ke Kominfo setelah dikirimi surat teguran.

Kewajiban pendaftaran ini merupakan amanat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Lima platform digital yang mulai diblokir Kominfo termasuk kategori platform game dan distribusi game populer yang ada di Tanah Air, sebagai berikut:

Baca juga: Saktinya Google & Youtube Belum Lakukan Pendaftaran Platform Digital, Padahal Jadwal Sudah Berakhir

Baca juga: Ada SE yang Dicabut? Berikut Ini Daftar Lengkap Platform Digital Asing (PSE) yang Sudah Terdaftar

- Epic Games (platform distribusi game)
- Steam (platform distribusi game)
- Dota (game)
- Counter Strike (game)
- Origin (EA)

Dengan begitu, gamer di Tanah Air tidak bisa lagi mengakses platform di atas untuk menemukan informasi, mengunduh, dan membeli game favoritnya lewat kelima situs di atas.

Sebelumnya, Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Kominfo telah mengirimkan surat teguran kepada Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, Origin pada Sabtu, 23 Juli lalu.

Menurut Semuel, surat teguran berlaku selama lima hari kerja kerja setelah surat dikirim. Sehingga perhitungan hari tersebut dimulai pada Senin 25 Juli sampai Jumat 29 Juli 2022.

Bila masih bandel belum mendaftarkan diri ke Kominfo, kelima platform game dan distribusi game populer di Indonesia itu bakal diblokir sementara.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved