Breaking News:

Berita Kampar

Jelang Pendaftaran Parpol, PKB Tanya KPU Kampar Status Catur Sugeng Setelah Pindah ke Gerindra

DPC PKB Kampar bertanya ke KPU Kampar soal status keanggotaan Catur Sugeng Susanto yang sebelmunya Ketua PKB Kampar kini pindah ke Gerindra

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Komisiner KPU Kampar foto bersama dengan pengurus parpol saat sosialisasi pendaftaran parpol beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Pendaftaran Partai Politik calon peserta Pemilu Serentak 2024 dijadwalkan mulai Senin (1/8/2022). Sejumlah partai bertanya soal keanggotaan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar.

Anggota KPU Kampar, Sardalis mengatakan, ada banyak hal yang dikonsultasikan partai jelang pendaftaran. Paling banyak mengenai status keanggotaan.

Ia mencontohkan, DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kampar bertanya soal status keanggotaan Catur Sugeng Susanto. Sebelumnya sebagai Ketua PKB Kampar dan kini telah pindah ke Partai Gerindra.

Dalam keterangan PKB Kampar saat bertanya, Mantan Bupati Kampar itu sebelumnya menjadi pengurus dan sudah dicatatkan sebagai anggota partai. Lalu, Catur pindah dan menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Kampar.

"Seperti PKB menanyakan soal Bapak Catur. PKB menanyakan bagaimana status keanggotaan Catur di PKB, sementara sudah pindah ke Gerindra," jelas Sardalis kepada Tribubpekanbaru.com, Minggu (31/7/2022).

Pertanyaan dari partai lain yang disampaikan ke KPU Kampar hampir sama. Yakni, status keanggotaan partai yang ganda atau satu nama terdaftar di lebih dari satu partai.

Sardalis menyatakan, urusan keanggotaan partai bukan kewenangan KPU daerah. Keanggotaan merupakan kewenangan pengurus partai di tingkat pusat.

Mekanisme penerimaan dan pencoretan anggota diatur oleh mekanisme partai masing-masing. KPU tidak bisa mencampuri urusan keanggotaan partai.

"Kami jelaskan, silakan sampaikan kepada pengurus pusat partai masing-masing. Yang berwenang mencoret anggota adalah pengurus pusat partai," ujar Sardalis.

Menurut dia, proses pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 terpusat di KPU RI. Pendaftaran dilakukan pengurus pusat partai masing-masing.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved