Breaking News:

Ibadah Haji 2022

Enam Jamaah Haji Riau Positif Covid-19, Keluarga Diminta Tidak Buat Acara Syukuran

Enam Jamaah Haji Riau dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan tes PCR

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com
Enam Jamaah Haji Riau dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan tes PCR. FOTO ILUSTRASI: Jemaah haji saat wukuf. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Enam Jamaah Haji Riau yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan tes PCR saat ini menjalani isolasi di rumahnya masing-masing. Mereka sebelumnya dilakukan pemeriksaan swab antigen saat baru tiba di Embarkasi Haji Antara Riau.

Meski mereka menjalani isolasi mandiri di rumah, mereka tetap dalam pantauan tenaga kesehatan dari dinas kesehatan setempat.

"Hasil pantauan kami jemaah tersebut bergejala ringan," kata Sekretaris Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Provinsi Riau, dr Indra Yovie, Senin (1/8/2022).

Indra Yovi mengatakan, karena jemaah haji tersebut mengalami gejala ringan, maka tidak dilakukan rawat inap di rumah sakit. Tapi cukup dengan melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Jadi untuk jemaah yang pulang haji sudah ada petunjuk harus dilakukan tes Rapid Antigen. Kalau tes rapid antigen nya reaktif, maka akan ditindaklanjuti dengan swab PCR dari swab yang dilakukan itu, ada 6 jamaah haji yang positif Covid-19," ujarnya.

Dengan ditemukannya enam kasus positif Covid-19 dari kluster jamaah haji tersebut, Yovi mengingatkan para keluarga agar tidak beramai-ramai menjemput keluarganya yang baru pulang dari melaksanakan ibadah haji.

"Keluarga cukup menunggu di rumah saja, tidak perlu ramai-ramai menjemput jamaah haji," katanya.

Selain itu, Indra Yovi juga meminta masyarakat untuk tidak membuat acara-acara syukuran berlebihan yang mengumpulkan banyak orang.

"Kalau pun ada acara yang akan dilaksanakan, maka itu harus dengan protokol kesehatan yang ketat dan terukur," katanya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved