Breaking News:

Mahasiswa Akuntansi UMRI Bantu UMKM Hitung HPP, Terapkan Pelajaran di Bangku Kuliah

Sekelompok mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekbis UMRI membantu UMKM hitung HPP sebagai penerapan pelajaran yang didapat di bangku kuliah

Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Mahasiswa Akuntansi UMRI Bantu UMKM Hitung HPP, Terapkan Pelajaran di Bangku Kuliah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sekelompok mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekbis UMRI membantu UMKM hitung HPP sebagai penerapan pelajaran yang didapat di bangku kuliah .

Sebelum membantu dan menerapatkan pelajaran di bangku kuliah, mahasiswa terlebih dahulu melakukan studi lapangan untuk mengetahui penerapan perhitungan HPP pada UMKM.

UMKM yang menjadi tujuan mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekbis UMRI dari kelas 4AKA1 ini adalah UMKM Makanan.

Kelompok mahasiswa kelas 4AKA1 beranggotakan, Rasyid Setiawan, Afrizaldi, Marzuliandra Kurniawan, Olitsha Amanda, Indah Kartika Sari, dan Nadila Hary Pratiwi.

Mereka telah melakukan studi lapangan berkaitan penerapan perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) berbasis Aktivitas (Activity Based Costing) di UMKM Mitol.

Kegiatan Studi Lapangan ini bertujuan untuk membantu dan memberikan saran pada UMKM dalam penentuan dan pengambilan keputusan terkait Harga Pokok Produksi (HPP) berdasarkan aktivitas serta mengurangi distorsi biaya yang disebabkan penentuan harga yang dihitung secara tradisional, sehingga penetapan harga produk yang ditetapkan bisa akurat dan tidak asal-asalan.

Selain itu, studi lapangan ini bermanfaat bagi para mahasiswa dalam pengaplikasian materi pembelajaran yang berlangsung dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

Studi lapangan ini dilakukan pada UMKM di bidang makanan yakni Mie Pedas dan Pentol Pedas (MITOL) yang beralamat di Jalan Srikandi Perumahan Wadyagraha 1 Blok Q No.39.

Studi Lapangan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (14/7/2022).

Pada kegiatan ini dilakukan dengan wawancara langsung dengan pemilik usaha yang bersangkutan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved