Breaking News:

Berita Siak

Baznas Siak Salurkan Rp 400 Juta Zakat Tahap III 2022

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak telah mendistribusikan zakat tahap III 2022 sebesar Rp 400 juta.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Baznas Siak mendistribusikan zakat tahap III 2022 sebesar Rp 400 juta. Pendistribusian zakat sebanyak itu dilaksanakan di masjid Baitul Muttaqien, kampung Sri Gading, kecamatan Lubuk Dalam, Selasa (2/8/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak telah mendistribusikan zakat tahap III 2022 sebesar Rp 400 juta.

Pendistribusian zakat sebanyak itu dilaksanakan di masjid Baitul Muttaqien, kampung Sri Gading, kecamatan Lubuk Dalam, Selasa (2/8/2022).

“Lubukdalam menjadi kecamatan pertama dalam rangkaian kegiatan pelaksanaan pendistribusian zakat pola konsumtif dan produktif tahap ke III tahun 2022,” kata Ketua Baznas Siak, Samparis.

Ia menjelaskan, dana ummat yang disalurkan sebesar Rp 400 juta untuk konsumtif dan produktif.

Dari Rp 400 juta itu ada yang disalurkan untuk keperluan konsumtif dan untuk modal usaha bagi mustahik, orang yang berhak menerima zakat mal.

Pada kegiatan pendistribusian zakat itu dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Siak Tarmijan), Sekcam Lubuk Dalam Zulfadli, KUA Lubuk Dalam, MUI Lubuk Dalam, serta seluruh Penghulu kampung se Kecamatan Lubukdalam.

“Dana Rp 400 juta itu khusus kita salurkan di kecamatan Lubukdalam saja. Masing-masing kecamatan akan mendapatkan giliran untuk penyaluran zakat ini,” kata Samparis.

Ia mengatakan, penyaluran zakat tahap III tahun 2022 ini sebesar Rp 4,3 miliar.

Jumlah itu dibagi perkecamatan. Dana itu disalurkan ke dalam 2 pola, yaitu pola konsumtif sejumlah Rp 2,1 miliar dan pola produktif sejumlah Rp 2,2 miliar.

"Zakat yang kita salurkan di setiap kecamatan jumlahnya berbeda-beda, hal ini dilakukan sesuai dengan hasil pengumpulan zakat yang dikumpulkan oleh masing-masing UPZ kampung dan UPZ kecamatan, dan kita tambah lagi dari dana Zakat kabupaten,” katanya.

Ia juga mengajak agar masyarakat yang mepunyai kelebihan rezeki dan mencapai nisab agar membayarkan zakatnya melalui Baznas Siak. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved