Breaking News:

Sudah Bisa Diakses, Kominfo Buka Blokir Steam, Dota, Yahoo dan Counter Strike, Ini Alasannya

Kini sudah bisa diakses. pemerintah Indonesia melalui Kominfo membuka blokir Dota, Steam, Counter Strike dan yahoo

Editor: Budi Rahmat
pixabay
Ilustrasi. Media asing soroti terkiat kebijakan Indonesia blokir beberapa PSE 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Sudah bisa diakses. Pemerintah melalaui Kominfo sudah membuka blokir platform distribusi game Steam dan platform game Counter Strike dan Dota.

Dengan demikian para gamer Indonesia mulai hari ini, Selasa (2/8/2022) bisa kembali memainkan dan membeli seluruh game favoritnya di Steam.

Tidak hanya tidak platform tersebut, Kominfo juga

Baca juga: Steam, Dota, Epic Games, Counter Strike Diblokir Kominfo, Platform Digital Belum Daftar PSE

membuka blokir search engine Yahoo. kepastian itu diumumkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui sebuah keterangan tertulis.

"Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut," tulis Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, sebagaimana dikutip KompasTekno dari laman Kominfo.

Pembukaan blokir terhadap keempat platform beken di Indonesia itu dilakukan setelah Kementerian Kominfo berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp ( Steam, CS GO, dan DOTA).

Meski begitu, berdasarkan pantauan KompasTekno, nama Steam, Counter Strike, Dota, Yahoo masih belum muncul dan terdaftar di situs pse. kominfo.go.id per Selasa (2/8/2022) pukul 12.23 WIB.

Sebelumnya, Steam, Counter Strike, Dota, Yahoo, mulai diblokir pada 30 Juli 2022 karena tak kunjung melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat ke Kominfo. Pemblokiran 30 Juli juga dilakukan bersamaan kepada platform Origin, Epic Games, dan PayPal.

Dengan pembukaan blokir tersebut, masyarakat Indonesia sudah bisa kembali mengakses situs Steam, Counter Strike, Dota, serta Yahoo seperti biasa.

Keempat situs tersebut beralamat di:

steampowered.com
dota2.com
blog.counter-strike.net
yahoo.com

Saat memasukkan keempat alamat URL di atas di peramban, kami bisa dengan leluasa mengakses situs secara normal, baik menggunakan jaringan internet seluler maupun WiFi (fixed broadband).

Padahal pada Sabtu 30 Juli, keempat situs tersebut tidak bisa tidak dapat diakses karena diblokir Kominfo.

Tempo hari, ketika dibuka, keempat URL tersebut justru menampilkan jendela bertuliskan "Your connection is not private" (Koneksi Anda tidak privat" seperti gambar di atas, alih-alih situs resmi dari kelimanya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved