Breaking News:

Keluarga Napi di Lapas Takalar Ngaku Bayar Rp 15 Juta Demi Remisi, Kalapas Pasang Badan

Lapas Kelas II B Takalar menjadi perbincangan, karena si oknum petugas meminta uang kepada salah satu keluarga  terpidana yang terjerat kasus narkoba

google
Ilustrasi Narapidana di Lapas kena Pungli petugas 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Lembaga Pemasyarakat ( Lapas) di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan menjadi sorotan usai oknum petugasnya melakukan pungutan liar (pungli) sebesar Rp 15 juta kepada keluarga narapidana, dengan dalih pengurusan remisi 17 Agustus.

Pelaku meminta uang belasan juta rupiah dengan imbalan, narapidana bakal bebas usai menerima remisi tujuh belasan, Selasa, (2/8/2022).

Lapas Kelas II B Takalar pun menjadi perbincangan, karena si oknum petugas meminta uang kepada salah satu keluarga  terpidana yang terjerat kasus narkoba.

Pihak Lapas telah membantah dugaan pungli tersebut.

Meski begitu, mereka mengaku sudah membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan.

Kalapas Kelas II B Takalar Rasbil membantah jika adanya pungli remisi di Lapas yang ia pimpin.

Menurutnya, viralnya kuitansi mengenai setoran uang belasan juta rupiah di modia sosial tidak lah benar.

"Memang nama yang ada dalam kuitansi itu salah satu petugas yang aktif di sini, tapi sekali lagi itu tidak benar dan sekarang sudah ada tim pemeriksa yang dibentuk oleh Wilayah untuk kasus ini" kata Rasbil, saat dikonfirmasi.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, pelaku berinisial EM menghubungi orangtua sang narapidana dengan maksud mengurus pemberian remisi bagi anaknya.

Orangtua terpidana, Rabiah Daeng Lumu (45) mengungkapkannya saat Kompas.com mengunjunginya di Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar.

"Saya sudah menyetor Rp 15 juta kepada pak EM dan ini setelah anak saya melakukan pembicaraan kepada pak EM dan saya cuma menyetor katanya untuk pengurusan remisi pada hari kemerdekaan biar anak saya bisa langsung bebas" kata Rabiah kepada Kompas.com.

(*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved