Breaking News:

Berita Siak

Pemkab Siak Bantu Pendidikan Anak Keluarga PKH Hingga Perguruan Tinggi

Bupati Siak Alfedri menegaskan Pemkab Siak membantu pendidikan bagi anak dari Program Keluarga Harapan (PKH) hingga ke perguruan tinggi.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Bupati Siak Alfedri meninjau keluarga PKH di kampung Dayun, sekaligus menawarkan anak tamatan SMA untuk kuliah dengan beasiswa full. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri menegaskan Pemkab Siak membantu pendidikan bagi anak dari Program Keluarga Harapan (PKH) hingga ke perguruan tinggi.

“Pemerintah daerah tidak hanya memberikan pelayanan administrasi dan kesehatan saja. Kami berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia melalui peningkatan jenjang pendidikan,” kata Alfedri, Minggu (7/8/2022).

Ia mengatakan, rendahnya angka Indeks Pembangunan Manusia atau (IPM) dipengaruhi kegagalan memenuhi target indikator rata-rata lama sekolah.

Termasuk bagaimana masyarakat dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan.

“Karena itu, kedepan bagi keluarga yang masuk ke dalam PKH di data kemudian kita bantu anak tamat SMA untuk kuliah sampai dia mendapatkan gelar sarjana,” kata dia.

Program tersebut diyakini akan membuat angka IPM naik. Diketahui saat ini angka IPM di kabupaten Siak berada di urutan tiga di Riau setelah kota Dumai dan Pekanbaru.

Ini menunjukan warga sudah dapat mengakses pembangunan, pendidikan serta meningkatnya ekonomi masyarakat.

Tetapi berada di posisi III tersebut belum memuaskan sehingga harus digenjot.

”Ada tiga tolak ukur IPM yang harus kita penuhi, pertama umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak. Inilah yang harus kita upayakan bagaimana secara bertahap kita penuhi,” kata dia.

Untuk itu program pendidikan saat ini pemerintah bekerjasama dengan beberapa universitas yang ada di Riau dan di pulau Jawa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved