Breaking News:

Berita Pekanbaru

Rencana Tarif Parkir di Pekanbaru Naik, Masyarakat Sebut Pemko Tambah Penderitaan Rakyat

Masyarakat ternyata belum mendukung penuh rencana kebijakan pemerintah Kota Pekanbaru yang akan menaikkan tarif parkir di Pekanbaru.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
TribunPekanbaru/Dody Vladimir
Masyarakat ternyata belum mendukung penuh rencana kebijakan pemerintah Kota Pekanbaru yang akan menaikkan tarif parkir di Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Masyarakat ternyata belum mendukung penuh rencana kebijakan pemerintah Kota (Pemko) yang akan menaikkan tarif parkir di Pekanbaru .

Menurut mereka kebijakan ini tentu menambah penderitaan masyarakat.

Seperti pengakuan seorang warga yang diwawancarai tribunpekanbaru.com berprofesi sebagai seorang pengajar bernama Fajri, ia mengaku kebijakan ini sangat menambah penderitaan masyarakat.

"Masih banyak sektor lain yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan pendapatan, parkir ini tidak semuanya orang berduit, kalau kami orang tidak berduit ini tentu keberatan, kami tidak setuju dinaikkan,"ujar Fajri.

Warga lainnya yang berprofesi sebagai pedagang J Sinambela juga mengaku kepada Tribunpekanbaru.com tidak sepakat dengan rencana pemerintah menaikkan tarif parkir itu.

"Jangan sampai dinaikkan lah, kan kehidupan sekarang juga masih sulit, kok seenaknya saja menaikkan tarif parkir," ujar J Sinambela.

Bahkan hampir semua kalangan masyarakat mengaku keberatan dengan kenaikan tarif parkir ini, pasalnya akan menambah beban masyarakat lagi.

"Semua kebutuhan pokok naik ditambah pula parkir, kan aneh saja ini pemko, bagus yang dinaikkan pajaknya tempat hiburan malam atau yang bersentuhan dengan pengusaha, jangan kami rakyat kecil ini terus yang diperas," ujar warga Pekanbaru lainnya Sayuti kepada Tribunpekanbaru.com.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, pihaknya akan memastikan layanan juru parkir (Jukir) sudah baik di hari pertama kenaikan tarif parkir nantinya.

Sehingga, warga tidak merasa dirugikan dan mendapatkan manfaat dari uang yang dikeluarkan.

"Kita memang harus menjamin peningkatan pelayanan. Sebenarnya, dihari tarif parkir naik nantinya, maka pelayanan juga sudah harus baik," ujarnya, Sabtu (6/8/2022).

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa selama Agustus ini akan digelar pertemuan bersama semua Jukir di Pekanbaru. Pertemuan ini untuk sosialisasi dan pembelajaran kepada para Jukir agar dapat memahami pelayanan parkir sesuai SOP nya di lapangan.

"Kita akan melakukan sosialisasi juga kepada para Jukir yang ada di Pekanbaru. Rencananya bulan ini, sebelum tarif parkir naik, kita sosialisasi kepada para Jukir bagaimana SOP pelayanan yang tepat dan itu harus dilakukan di lapangan," jelasnya.

Ia menjelaskan kenaikan tarif parkir ini sedang terus dikaji bersama pihak-pihak terkait. Kenaikan tarif parkir ini yang direncanakan adalah Rp2 ribu bagi kendaraan roda dua dan Rp3 ribu bagi roda empat.

"Kenaikan ini tidak memberatkan ya, hasil evaluasi kita masyarakat Pekanbaru mampu untuk membayar. Ini juga untuk mendukung peningkatan pelayanan dan pengaturan lalu lintas yang lebih baik,"jelasnya.(Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved