Breaking News:

PMK di Pelalawan

104 Ekor Sapi Terinfeksi Dinyatakan Sembuh, Update Penyebaran Wabah PMK di Pelalawan

Upaya mengatasi Wabah PMK di Pelalawan, pemerintah daerah (pemda) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) melakukan berbagai upaya

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Petugas Disbunak Pelalawan dan peternak memberikan penanganan terhadap ternak sapi yang terinfeksi wabah PMK di Pelalawan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Wabah PMK di Pelalawan masih menjadi momok bagi peternak di daerah ini hingga Senin (8/8/2022).

Ternak milik masyarakat masih belum terlepas dari ancaman Wabah PMK di Pelalawan.

Upaya mengatasi Wabah PMK di Pelalawan Riau, pemerintah daerah (pemda) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) melakukan berbagai upaya diantaranya penyuntikan vaksin, penyemprotan kandang dengan disinfektan dan lainnya.

Setelah dua bulan lebih penyakit PMK di Pelalawan mewabah, tim yang dibentuk Disbunak terus bekerja menanggulangi penyebaran wabah PMK serta menangani ternak yang terinfeksi.

Berdasarkan data milik Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Pelalawan, PMK di Pelalawan sudah menyerang lebih dari seratus ekor hewan ternak.

Semua hewan yang terinfeksi virus mematikan itu jenis sapi milik para peternak.

"Sebagian besar sapi yang terinfeksi sudah dinyatakan sembuh. Penanganan terus berjalan di setiap kecamatan," ungkap Kepala Disbunak Pelalawan, Akhtar SE melalui Kepala Bidang Peternakan Yopan kepada Tribunpekanbaru.com.

Ia menjelaskan, sebanyak 126 sapi yang terinfeksi PMK tersebar di 12 desa yang ada di 6 kecamatan yang ada di Pelalawan.

Dari 126 ternak yang positif PMK sebanyak 104 ekor telah dinyatakan sembuh.

Sedangkan 2 ekor mati dan 3 ekor lainnya dipotong secara paksa oleh pemiliknya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved