Breaking News:

Harga TBS Sawit Riau

Gapki Ungkap Syarat Agar Harga Sawit di Riau Bisa Naik Setelah Adanya PE 0 Persen

Plt Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Riau Lichwan Hartono mengungkap cara agar harga sawit di Riau bisa kembali naik.

Editor: Ariestia
Istimewa
Plt Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Riau Lichwan Hartono mengungkap cara agar harga sawit di Riau bisa kembali naik. Foto Ilustrasi - Tanki CPO di pelabuhan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Plt Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Riau Lichwan Hartono mengungkap cara agar harga sawit di Riau bisa kembali naik.

Hal itu disampaikannya pada Tribunpekanbaru.com pada Senin (18/7/2022) lalu setelah adanya keputusan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 115/2022 tentang perubahan tarif pajak ekspor seluruh produk TBS sawit.

Ia mengatakan, Pajak Ekspor (PE) nol persen dapat mengangkatdan menggairahkan harga sawit di Riau kembali.

"Tapi syaratnya ekspor harus berjalan lancar. Bila ekspor masih terhambat atau belum lancar tentunya tangki-tangki masih penuh maka kebijakan ini juga kurang efektif mengangkat harga TBS,” ujar Plt Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Riau Lichwan Hartono kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (18/7/2022).

Penerapan PE 0 membawa harapan baru bagi para petani, pekebun dan pengusaha terhadap harga sawit di Riau.

Pengusaha kelapa sawit kelapa sawit mulai bergairah dan berharap positif kenaikan harga sawit di Riau.

Harapan ini seiring hadirnya keputusan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.115/2022 tentang perubahan tarif pajak ekspor terhadap seluruh produk tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yakni CPO dan palm oil dan use cooking oil dan crude palm oit menjadi 0 persen.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi mengatakan, adanya kebijakan pajak ekspor CPO jadi 0 tentunya bisa mendongkrak harga sawit di Riau, khususnya Tandan Buah Segar (TBS).

"Tapi untuk melihat jelas dampaknya terhadap harga TBS tentunya pekan depan, karena rumus harga TBS dasar perhitungannya harga CPO minggu sebelumnya," ujar Defris.

Jadi pemberlakuan pajak ekspor 0 pekan ini tambah Defris, dampakmya tentu dipenetapan harga pekan depan.

"Ya mudah - mudahan pekan depan harga TBS Riau terdongkrak dan naik. Kemudian harga pupuk bisa juga turun harganya sehingg beban petani kita makin berkurang," ucap Defris.

Selanjutnya Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Aspekpir Indonesia Riau Sutoyo menyampaikan, penerapan pajak ekspor CPO jadi nol tentunya bisa mendongkrak, terutama harga sawit di Riau.

"Oleh karena itu kita tunggu, Selasa (18/7/2022). Semoga dengan PE 0 itu memacu expor dan menurunkan biaya jadi harga TBS naik," ujar Sutoyo.

(Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved