Breaking News:

Berita Pelalawan

Pemadaman Karhutla di Pelalawan, Titik Api Mulai Muncul di Desa Pulau Muda

Karhutla di Pelalawan kembali terjadi, titik api muncul di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti, Senin (8/8/2022).

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Istimewa
Karhutla di Pelalawan kembali terjadi, titik api muncul di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti, Senin (8/8/2022). FOTO: Tim Damkar BPBD Pelalawan dikirim ke Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti untuk melakukan pemadaman Karhutla, Senin (8/8/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Karhutla di Pelalawan kembali terjadi pada Agustus ini, dengan titik api muncul di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti, Senin (8/8/2022).

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terdeteksi di Desa Pulau Muda, Kabupaten Pelalawan sejak Minggu (7/8/2022) malam lalu.

Informasi dari masyarakat dan perangkat desa diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan serta Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar).

Api dikabarkan membakar semak belukar dan kawasan hutan yang ada di Desa Pulau Muda.

"Tadi pagi tim BPBD sudah kita kirim ke Pulau Muda untuk melakukan operasi pemadaman Karhutla," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pelalawan, Musa S.Pd kepada tribunpekanbaru.com, Senin (8/8/2022).

Musa menjelaskan, ada 10 personil yang diberangkatkan ke lokasi Karhutla Desa Pulau Muda menggunakan dua mobil dan dua unit sepeda motor serta membawa peralatan pemadaman.

Tim akan diperkuat oleh personil dari instansi lain dalam memadamkan api Karhutla. Kendaraan roda dua sangat dibutuhkan di lokasi karena jarak titik api dengan akses jalan cukup jauh.

Sehingga dibutuhkan kendaraan yang lebih kecil untuk mengangkut peralatan maupun personil serta logistik lainnya.

Sementara ini api diduga membakar lahan masyarakat dan semak belukar.

Tim gabungan melakukan operasi pemadaman agar api padam dan asap hilang. Namun personil yang dikirim dari Pangkalan Kerinci belum tiba di lokasi.

"Kami masih menunggu laporan dari anggota kita. Nanti kondisi dan perkembangannya akan diinformasikan," papar Musa.

Kepala Satpol PP dan Damkar Pelalawan,Tengku Junaidi M.AP membenarkan Karhutla yang muncul di Desa Pulau Muda.

Pihaknya telah juga telah mengirimkan tim Damkar untuk membantu pemadaman di lokasi.

Namun masih memberdayakan personil yang siaga di Kecamatan Teluk Meranti.

"Ada 3 orang personil kita bertugas di Teluk Meranti. Mereka sedang menuju lokasi Karhutla menggunakan sepeda motor," beber Tengku Junaidi.

Pihaknya menunggu informasi dari personil yang ada di Teluk Meranti. Jika dibutuhkan tambahan kekuatan, personil Damkar dari Pangkalan Kerinci akan dikirim ke lokasi untuk membantu pemadaman.

"Informasinya di sana hujan, makanya menunggu kabar pasti dari anggota yang di lapangan," tandasnya.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, hari ini terpantau tiga hotspot atau titik panas di Pelalawan. Ketiga titik panas itu tersebar di Kecamatan Teluk Meranti jika dilihat dari satelit.

Diduga titik panas itu telah berubah menjadi titik api di Desa Pulau Muda yang saat ini sedang membara. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved