Breaking News:

Berita Dumai

Ternyata 4 Kali Beraksi Curi Kotak Infak Masjid, Modus Pria di Dumai Ini Awalnya Pura-pura Sholat

Tersangka RZ ini rupanya sudah empat kali beraksi curi kotak infak di Masjid di jalan Paus, Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat.

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: CandraDani
istimewa
Tersangka RZ yang melakukan pencurian kotak infak di Masjid jalan Paus, Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI- Ada-ada saja trik pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya, seperti yang dilakukan RZ (35) warga Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan‎, yang mana RZ Berpura-pura melaksanakan ibadah di Masjid Nurul Yaqin, namun kedapatan melakukan pencurian kotak infak.

Bukan hanya sekali, apa yang dilakukan oleh tersangka RZ ini merupakan yang keempat kalinya dilakukan tersangka di Masjid yang berada di jalan Paus, Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat.

Di aksi yang keempat kalinya ini, perbuatan tersangka akhirnya diketahui oleh petugas dan diamankan oleh warga atas perbuatannya tersebut, Kamis (4/8/2022).

Nasib baik jemaah Masjid dan masyarakat sekitar tidak melakukan main hakim sendiri saat mengetahui perbuatan tersangka dan menyerahkan RZ ke pihak kepolisian untuk proses hukum terhadap tersangka.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, melalui Kapolsek Dumai Barat, Kompol Asep Rahmat, membenarkan adanya pelaku pencuri kotak infaq Masjid Nurul Yaqin, yang ditangkap warga dan diserahkan kepada pihak kepolisian.

"Pelaku dan seluruh barang bukti (BB) sudah kita amankan dan saat ini masih dalam pemeriksaan lanjut di Mapolsek Dumai Barat. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, RES akan dijerat Pasal 363 KUHPidana mengenai Pencurian dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 (tahun)," katanya, Senin (8/8/2022)

Diterangkannya, saat menjalankan akisnya pelaku RZ berpura-pura melaksanakan ibadah di Masjid Nurul Yaqin, melihat kondisi sepi RZ melancarkan aksinya untuk membobol kotak Infak masjid.

Diakuinya, RZ mengambil uang sumbangan masyarakat yang berada didalam kotak infak dengan cara mencongkel kotak infak menggunakan lidi yang sebelumnya diberi lem double tape.

"Dari pengakuan tersangka dirinya sudah empat kali melakukan pencurian kotak infak di Masjid tersebut sebelum akhirnya diketahui pengurus masjid dan diamankan warga," jelasnya.

Ditambahkan Kompol Asep berdasarkan keterangan pelaku pada aksi pertama, pelaku mengambil uang sebanyak Rp.200.000, yang kedua sebanyak Rp. 250.000, yang ketiga sebanyak Rp. 110.000 dan yang terakhir sebesar Rp150 ribu dan semua aksinya dilakukan di masjid Nurul Yaqin.

Dirinya menjelaskan, tersangka diamankan ketika pengurus Masjid yang akan membersihkan Masjid melihat pelaku sedang mencongkel kotak infak menggunakan lidi.

Melihat aksi pelaku, tambahnya, pengurus masjid lantas meminta bantuan warga dan akhirnya mengamankan tersangka dan uang infak sebesar Rp150 ribu.

"Berhasil mengamankan tersangka pengurus masjid bersama warga menyerahkan pelaku kepada kita untuk proses lebih lanjut," pungkasnya.

(Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved