Breaking News:

Cuaca di Riau Mulai Panas, Karhutla Muncul di Pelalawan, Tim Gabungan Lakukan Pemadaman

Akibat cuaca di Riau yang panas ini, titik api mulai muncul di Pelalawan tepatnya di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti.

Penulis: johanes | Editor: Sesri
ISTIMEWA
Cuaca di Riau masuki musim kemarau hingga muncul titik api. Tim gabungan sedang melakukan pemadaman di lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau pada Selasa (8/8/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWANcuaca di Riau beberapa hari terakhir sangat panas sebagai pertanda musim kemarau yang melanda sebagian besar wilayah Riau, termasuk Kabupaten Pelalawan.

Akibat cuaca di Riau yang panas ini, titik api mulai muncul di Pelalawan tepatnya di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti.

Firespot itu bahkan telah berubah menjadi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla). Kebakaran ini merupakan kasus pertama pada Bulan Agustus ini.

"Anggota sudah berada di lapangan dan sekarang sedang melakukan pemadaman api karhutla," terang Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Musa S.Pd kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (9/8/2022).

Menurut Musa, proses pemadaman dimulai dengan titik api yang kecil-kecil agar tidak semakin melebar.

Sekaligus membuka jalan atau ruang gerak bagi personil gabungan untuk mencapai kepala api. Lokasi karhutla cukup jauh ke dalam hutan dan tidak mudah dijangkau oleh tim gabungan.

Baca juga: Pemadaman Karhutla di Pelalawan, Titik Api Mulai Muncul di Desa Pulau Muda

Baca juga: Polda Tangani 8 Kasus Karhutla di Riau dengan 9 Tersangka Perorangan, Korporasi Masih Nihil

Adapun personil gabungan yang terlibat dalam pemadaman yakni BPBD, Satpol PP dan Damkar, TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), perusahaan swasta, dan instansi lainnya.

Tim gabungan sudah tiba di lokasi sejak Senin (8/8/2022) lalu dan langsung melakukan operasi pemadaman. Sedangkan api sudah terdeteksi sejak Minggu (7/8/2022) sore lalu.

"Angin di lokasi cukup kencang, jadi belum bisa menaikan drone untuk melihat kondisi di lokasi secara keseluruhan," papar Musa.

Hingga berita ini diturunkan, proses pemadaman masih berlangsung di Desa Pulau Muda. Tim gabungan masih berjibaku untuk menghilangkan api dan asap.

( Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved