Breaking News:

Berita Riau

PT TUM Bungkam Ditanya Terkait Karhutla di Areal HGU Miliknya, Ternyata Itu Alasan Pemda Cabut IUP-B

PT Trisetia Usaha Mandiri (TUM) tak berkomentar saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat Komisi ll DPRD Pelalawan pada Senin (8/8/2022) lalu.

Penulis: johanes | Editor: CandraDani
Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung
Manajemen PT TUM bersama tim advokatnya menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi ll DPRD Pelalawan serta beberapa OPD pada Senin (8/8/2022) lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN- Banyak pihak yang terkejut setelah manajemen PT Trisetia Usaha Mandiri (TUM) muncul dan menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Komisi ll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan pada Senin (8/8/2022) lalu.

Padahal selama bertahun-tahun polemik muncul terkait lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT TUM yang terletak di Kecamatan Kuala Kampar.

Mulai dari operasional yang sama sekali tidak ada sejak perusahaan perkebunan kelapa sawit itu mendapatkan Izin Usaha Perkebunan Budidaya (IUP-B) pada tahun 2013 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

Kemudian mengantongi Izin HGU dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau Kementerian ATR tahun 2018 lalu, tapi tak kunjung dilakukan pengelolaan serta kewajiban sesuai aturan. .

Disamping itu, permasalahan yang tak kalah krusialnya yakni Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang setiap tahun muncul di atas lahan HGU PT TUM di lima desa yang ada di Kuala Kampar.

Sebagian permasalahan telah dijelaskan saat RDP dengan Komisi ll DPRD Pelalawan serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Senin (8/8/2022) lalu.

Termasuk aktivitas perusahaan yang dilakukan di Desa Teluk dengan membersihkan areal hutan sejak tiga pekan lalu.

Terkait bencana Karhutla yang terjadi di areal HGU PT TUM belum dijelaskan manajemen perusahaan.

Saat Tribunpekanbaru.com mencoba menkonfirmasi hal ini kepada penanggungjawab PT TUM bernama Azrul Affandi setelah RDP dengan Komisi ll DPRD, ia tidak memberikan jawaban terkait kasus Karhutla tersebut.

"Nanti saja," kata Azrul Affandi sambil berjalan meninggalkan awak media.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved