Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Donor Darah BMPD Riau Targetkan 300 Kantong Darah Terkumpul

Saat inisudah ada 350 pendonor yang sudah mendaftar di hari pertama. Untuk target kantong darah sesuai amanah PMI Pekanbaru yakni sebanyak 300 kantong

Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.com - Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Riau bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, Selasa (9/8) gelar donor darah di Gedung A Lantai 3 Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Riau. 

Deputi Kepala Perwakilan BI Riau Bidang Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Manajemen Internal, Asral Mashuri mengatakan kegiatan ini merupakan sebagai wujud kepedulian kepada sesama dengan tagline “Ayo Donor Darah! Sekantung Darah untuk Selamatkan Jiwa”.

"Kegiatan donor darah ini diselenggarakan sampai Rabu (10/8) dan bertepatan dengan HUT Provinsi Riau ke 65," ujar Asral kepada awak media, Selasa (9/8).

Asral menambahkan, bagi yang ingin ikut donor bisa melakukan pendaftaran pada tautan bit.ly/DonorDarahBMPD2022.

"Saat inisudah ada 350 pendonor yang sudah mendaftar di hari pertama. Untuk target kantong darah sesuai amanah PMI Pekanbaru yakni sebanyak 300 kantong darah," ucap Asral.

Meski sudah banyak daftar kata Asral lagi, tapi harus dicek terlebih dahulu. Jika lulus akan lanjut melakukan donor darah.

"Sebelum melakukan donor darah ada beberapa syarat yang dilakukan, yakni sehat jasmani dan rohani, usia 17 sampai dengan 65 tahun, berat badan minimal 45 kg, tekanan darah sistole 100 - 170 diastole 70 – 100, kadar haemoglobin 12,5g persen s/d 17,0g % dan interval donor minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya," ungkap Asral.

Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BMPD Riau. Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan donor darah yang kedua kali dimana sebelumnya sudah dilaksanakan pada tangal 7-8 Februari 2022.

Sementara itu, perwakilan dari PMI Pekanbaru Yusrizal menyebutkan jika donor darah yang dilakukan hari ini merupakan bagian dari aksi sosial yakni menyelamatkan jiwa manusia.

"Kebutuhan di Pekanbaru kurang lebih 9.000 kantong itu diambil dari kegiatan seperti donor ini. Meski banyak, tapi ada beberapa golongan darah yang stok kita sedikit. Dengan adanya kegiatan ini kami ucapkan terima kasih," ujarnya.

Selanjutnya Kepala Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Provinsi Riau, Andi Buchari menyampaikan, jika kegiatan donor darah ini banyak manfaatnya, karena dari setetes darah yang didonor bisa menyelamatkan banyak jiwa.

"Kami terima kasih ke BI dan mudah-mudahan bagi yang melakukan berkontribusi mendapat kesehatan, keberkahan dan banyak pertolongan dari Allah yang Maha Kuasa. Saya ucapkan selamat melaksanakan donor darah," ujar Andi.

(Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved