Breaking News:

UKM Kini Dipermudah Ekspor Produk, Ini Penjelasan Kementerian Perdagangan

Pelaku Usaha Kecil dan Menengah kini semakin dipermudah untuk memasarkan produk, memperluas pasar, bahkan berpeluang untuk melakukan ekspor

Penulis: Alex | Editor: Ilham Yafiz
Tribunpekanbaru.com / Alex Sander
Talkshow bertema Peran Pemerintah Kota dalam Membangun UKM Berorientasi Ekspor, yang dilaksanakan oleh Tribun Network secara hybrid di Hotel Premiere Santika Padang, Rabu (10/8/2022). Kini UKM Bisa Lakukan Ekspor. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah kini semakin dipermudah untuk memasarkan produk, memperluas pasar, bahkan berpeluang untuk melakukan ekspor. 

Pihak Kementerian Perdagangan kini sudah membuka layanan melalui website inaexpor.id yang akan memandu serta memfasilitasi masyarakat Pelaku UKM untuk bisa memperluas pasar dan juga mengekspor produk yang dihasilkan.

Hal ini disampaikan Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian Perdagangan, Marolop Nainggolan  yang mewakili kehadiran Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, dalam kegiatan talkshow bertema Peran Pemerintah Kota dalam Membangun UKM Berorientasi Ekspor, yang dilaksanakan secara hybrid, baik secara virtual mau pun secara offline, yang digelar oleh Tribun Network, dipusatkan di Hotel Premiere Santika Padang, Rabu (10/8/2022)

Marolop dalam kesempatan itu mengatakan, hingga saat ini pihaknya sudah cukup banyak memfasilitasi produk UKM agar masuk pasar melalui promosi, packaging, dan lainnya.

"Plafon ini membantu pelaku usaha untuk mendapatkan pasarnya. Kemudian jug menjadi tempat bagi pelanggan untuk mencari produk, baik yang ada di dalam mau pun luar negri. Pelaku usaha dan pelanggan juga bisa melakukan negosisasi," kata Marolop yang hadir secara virtual. 

Dia menambahkan, tidak hanya menjembatani, pihaknya juga menjadi pengawas secara langsung, untuk menghindari adanya penipuan yang akan merugikan pelanggan mau pun pelaku usaha. 

"Kami juga sebagai pengelola dan sekaligus pengawas. Agar jangan sampai ada tipu menipu dan hal yang membuat pelanggan atau pembeli jadi rugi. Itu yang perlu kita jaga," ulasnya.

Ia juga menegaskan bahwa layanan yang disediakan tersebut tidak berbayar sama sekali, sehingga memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat pelaku usaha.

Sebagaimana diketahui, Tribun Network menggelar talkshow bertajuk Peran Pemerintah Kota dalam Membangun UKM Berorientasi Ekspor, yang dilaksanakan secara hybrid, baik secara virtual mau pun secara offline, yang dipusatkan di Hotel Premiere Santika Padang, Rabu (10/8/2022).

Talkshow ini menghadirkan sejumlah pembicara, di antaranya ada dua Menteri, yakni Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki, dan Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan.

Selain itu, juga menghadirkan 10 Wali Kota di Indonesia, di antaranya Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Wali Kota Padang, Hendri Septa, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Wali Kota Padangpanjang, Fadly Amran, Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, Wali Kota Sawahlunto, dan Wali Kota Solok, dan Zul Elfian.

Selain itu, juga turut hadir sebagai pembicara, Pemerhati UMKM dan Digital Marketplace Sumatera Barat, Yuhefizar dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Sari Lenggogeni. Mereka bakal menyampaikan kajian serta pengamatan terkait pemberdayaan UKM dan pemanfaatan marketplace digital untuk memudahkan pemasaran UKM di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, juga turut hadir secara langsung, Chief Executive Officer Tribun Network Dahlan Dahi dan Commercial Director Tribun Network, H Tjiptyantoro.

Ada pun peserta yang hadir secara langsung di antaranya adalah para pengusaha UKM dari berbagai wilayah Sumatera Barat, mahasiswa, serta relasi TribunPadang.com juga diundang pada talkshow tersebut, yang mengikuti kegiatan itu dengan antusias.

(Tribunpekanbaru.com/Ale)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved