Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Kota Pekanbaru Perkenalkan Tradisi Patang Balimau Dalam Pawai Budaya Rakernas Apeksi 2022

Kota Pekanbaru sendiri membawakan tradisi Patang Balimau dalam pawai budaya ini. Sejumlah penari tampak menggambarkan suasana semarak menyambut bulan

Penulis: Fernando | Editor: David Tobing

TRIBUNPADANG.COM,PADANG - Delegasi dari Kota Pekanbaru ambil bagian dalam pawai budaya yang digelar pada, Selasa (9/8/2022) malam. Pawai budaya ini berlangsung di Jalan Samudra, Kota Padang pada hari terakhir Rakernas Apeksi 2022.

Satu persatu delegasi dari masing-masing kota memperlihatkan pakaian daerah dan kesenian dari daerahnya. Atraksi pawai budaya ini mengundang antusias masyarakat.

Kota Pekanbaru sendiri membawakan tradisi Patang Balimau dalam pawai budaya ini. Sejumlah penari tampak menggambarkan suasana semarak menyambut bulan suci Ramadhan di Kota Pekanbaru.

Ada sejumlah penari ikut dan terlihat juga para Bujang Dara Pekanbaru. Para pejabat di lingkungan pemerintah kota juga ikut dalam iring-iringan pada pawai budaya tersebut.

Rombongan tersebut melintas di hadapan Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Bima Arya di panggung utama. Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menyebut bahwa pemerintah kota menghadirkan tradisi Patang Balimau dalam pawai budaya kali ini.

"Tradisi ini rutin kita lakukan setiap tahun di Kota Pekanbaru, terutama menjelang puasa Ramadhan," ujarnya.

Jamil menyebut bahwa pemerintah kota ingin memperkenalkan tradisi ini kepada masyarakat di nusantara. Ia menilai pawai budaya dalam Rakernas Apeksi 2022 menjadi momen agar tradisi ini makin dikenal masyarakat di Indonesia.

Kota Pekanbaru sudah memperkenalkan produk unggulan dari UMKM Kota Pekanbaru. Mereka sudah menampilkannya dalam Indonesia City Expo 2022.

"Kita juga promosikan peluang investasi di Kota Pekanbaru," paparnya.
Dirinya menilai Rakernas Apeksi tidak hanya ajang silaturahmi para wali kota dari berbagai daerah di Indonesia. Namun memberi kesempatan bagi seluruh kota menampilkan produk unggulan dari masing-masing daerah.

"Termasuk potensi investasi yang ditawarkan ke .masyarakat dan seluruhnya," ujarnya.

Jarak Kota Padang dengan Kota Pekanbaru tidak terlalu jauh. Ia berharap kerjasama di berbagai bidang dengan Pemerintah Kota Padang terus terjalin.

"Kita pun merasa gembira bisa ikut serta dalam rangkaian agenda Rakernas Apeksi tahun ini," ujarnya.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved