Breaking News:

Wako Makasar Buka Rahasia UKM Bertahan saat Pandemi Covid-19, Dari Lorong Bertransformasi ke Digital

Wali Kota Makassar, M.Ramdhan Pomanto mengklaim sektor UKM mampu bertahan ketika didera pandemi Covid-19. Apa rahasianya?

Penulis: Fernando | Editor: Nurul Qomariah
Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang
Talkshow Peran Pemerintah Kota Dalam Membangun UKM Berorientasi Ekspor, Wako Makasar ungkap rahasia UKM Bertahan di masa pandemi Covid-19. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Dua tahun ini Pandemi Covid-19 melanda sehingga berdampak ke sektor ekonomi. Namun Wali Kota Makassar, M Ramdhan Pomanto mengklaim sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) mampu bertahan ketika didera pandemi Covid-19.

Pria yang disapa Danny pun menyebut bahwa kondisi ekonomi berangsur pulih mulai tahun 2021.

Kota Makassar mampu bangkit karena pergerakan ekonomi melaju pada bidang digitalisasi.

Keberadaan pelaku UKM digital terintegrasi yakni adanya ekosistem digital bisa beradaptasi sosial dan ekonomi recovery.

Ia menyebut bahwa pelaku UKM digital bermunculan setelah pandemi Covid-19.

"Jadi kita belajar dari pandemi, maka pelaku UMKM bertranformasi dari analog ke digital," paparnya dalam talkshow yang digelar Tribunpadang.com, jaringan Tribun Network bertajuk Peran Pemerintah Kota Dalam Membangun UKM Berorientasi Ekspor, Rabu (10/8/2022).

Talkshow di ballroom Hotel Santika Premiere Padang berlangsung secara hybrid. Sejumlah pembicara dari kementrian dan wali kota hadir secara virtual.

Dirinya menyebut bahwa Kota Makassar telah berkembang ke start up lorong. Ada ribuan lorong yang menjadi tempat bermunculan pelaku UKM di Makasar.

Mereka bisa menghadirkan sejumlah produk unggulan yakni kancing dari kerang hingga produk silk yang perlahan menghidupkan UKM dari lorong.

Setiap lorong bisa muncul satu pelaku UKM.

"Para pelaku UKM bisa bertransformasi menuju digital, itu sangat penting, itu sebab setiap lorong bisa memunculkan satu UKM," paparnya.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini ada Makassar Virtual Economic Centre. Keberadaannya sebagai pusat ekonomi yang mempersiapkan pelaku UKM agar memiliki
standar produk sehingga bisa menjadi komoditi ekspor.

"Makassar bakal menghadirkan start up lorong di mana UKM akan dilatih dari analog menjadi digital, agar bisa bertahan di era pandemi ini sehingga mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi," ulasnya.

Para pelaku usaha UKM dari berbagai wilayah Sumatera Barat, mahasiswa, serta relasi TribunPadang.com juga diundang pada talkshow.

Live streaming talkshow Peran Pemerintah Kota dalam Membangun UKM Berorientasi Ekspor bisa disaksikan langsung di Youtube dan Live Facebook seluruh jaringan Tribun Network.

Talkshow TribunPadang.com berlangsung bersamaan dengan hari akhir rangkaian Rapat Kerja Nasional Apeksi di Kota Padang, Sumatera Barat.

( Tribunpekanbaru.com / Fernando Sikumbang )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved