Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Dari Momen HUT ke-65 Provinsi Riau, Pimpinan DPRD Pekanbaru Minta Pemprov Beri Kado Bangun SMAN

Masyarakat Kota Pekanbaru berharap, dalam momen HUT Provinsi Riau ke-65 tahun 2022 ini, tidak hanya kegiatan seremonial belaka.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Masyarakat Kota Pekanbaru berharap, dalam momen HUT Provinsi Riau ke-65 tahun 2022 ini, tidak hanya kegiatan seremonial belaka. FOTO ILUSTRASI: Sejumlah siswa-siswi memberikan ucapan selamat dengan menyalami dan memeluk gurunya seusai upacara peringatan hari guru nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di SMA Negeri 5 Pekanbaru, Senin (25/11/2019). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru berharap, dalam momen HUT Provinsi Riau ke-65 tahun 2022 ini, tidak hanya kegiatan seremonial belaka.

Tapi diharapkan ada kado terindah yang diberikan kepada masyarakat, seperti halnya untuk pendidikan.

Paling tidak, Pemprov Riau bisa membangun SMA Negeri/SMK Negeri tahun ini, dan selanjutnya. Untuk diketahui, saat ini Kota Pekanbaru masih kekurangan SMA Negeri.

Dari data yang diperoleh, di Kota Bertuah ini, hanya punya 16 SMA Negeri, belum termasuk SMKN dan sekolah swastanya. Kondisi ini tentunya, membuat masyarakat sulit masuk SMA Negeri tersebut.

Pimpinan DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE meminta, dengan bertambahnya usia Provinsi Riau, Pemprov lebih peka dengan keinginan masyarakat.

"Untuk diketahui saja, dari hasil reses kita kemarin, kebanyakan keluhan masyarakat itu masyarakat tidak bisa memasukkan anaknya ke SMA Negeri. Sebab, terkendala dengan sistem zonasi, serta infrastruktur sekolahnya juga minim. Ini lah momen yang tepat untuk masyarakat di HUT ke-65 Provinsi Riau, supaya Pak Gubernur bisa membangun SMA/SMK Negeri baru di Kota Pekanbaru," harap Azwendi kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (10/8/2022).

Politisi Senior Demokrat ini juga mendorong Gubernur Riau Syamsuar, agar dapat merealisasikan harapan ini. Termasuk juga dapat melakukan pemerataan SMA/SMK Negeri, khususnya di Kota Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau.

"Jumlah penduduk itu semakin banyak, sementara SMA/SMK kurang. Setiap kecamatan di Kota Pekanbaru itu diharapkan bisa memiliki bangunan SMA/SMK Negeri yang memadai, untuk menampung siswa-siswi sesuai dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah," katanya.

Dengan kondisi sekarang ini, seharusnya pemerintah wajib menyiapkan sarana infrastruktur, dan fasilitas pendidikan sesuai dengan amanat undang-undang.

"Kita berharap Pak Gubernur Riau harus tegas masalah pendidikan. Jangan ada kompromi. Karena pendidikan ini tanggung jawab pemerintah sesuai undang-undang," tegasnya.

Lebih dari itu, legislator tiga periode di DPRD Pekanbaru ini berharap, Pemprov Riau bisa mengedepankan program-program yang bersifat menyentuh langsung dengan masyarakat. Seperti bidang infrastruktur, bidang ekonomi dan juga penanggulangan banjir di wilayah Kota Pekanbaru. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved