Breaking News:

Harga Sawit di Riau

Tak Cuma Harga Sawit di Riau yang Jadi Beban Petani, Harga Pupuk Juga, Gubernur Riau Lakukan Ini

Tak hanya harga sawit di riau yang jadi pikiran petani, harga pupuk sawit yang mahal juga jadi beban

Penulis: Rino Syahril | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/SYAIFUL MISGIO
Gubernur Riau Syamsuar kirim surat ke kementerian terkait harga pupuk sawit yang mahal di tengah harga sawit di riau yang terpuruk. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tak hanya harga sawit di riau yang jadi pikiran petani, harga pupuk yang mahal juga jadi beban.

Sebagai bentuk rasa peduli kepada masyarakat dan mengurangi beban para petani di tengah harga sawit di riau yang tak tentu dan harga pupuk mahal, Gubernur Riau Syamsuar menyurati Menteri Pertanian (Mentan) RI untuk meninjau harga pupuk perkebunan kelapa sawit.

Seperti diketahui harga sawit di riau sempat berada di titik terendah sedangkan harga pupuk melonjak hingga makin memberatkan petani.

Surat dengan Nomor: 526/DISBUN/3686, tentang hal peninjauan harga pupuk untuk perkebunan kelapa sawit dan ditandatangani langsung oleh Gubernur Riau pada tanggal 11 Agustus 2022.

Surat itu juga ditembusan kepada Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman RI, Menteri Koordinator Bidang Ekonomi RI, Menteri Perdagangan RI, dan Menteri Dalam Negeri RI.

Bersama surat tersebut Syamsuar menyampaikan kepada Mentan terkait kondisi masih rendahnya harga TBS pekebun kelapa sawit berapa bulan terakhir sejak adanya larangan ekspor CPO di Indonesia pada umumnya dan di Provinsi Riau khususnya.

Kemudian perkebunan kelapa sawit juga dihadapkan pada kondisi tingginya harga pupuk.

Sedangkan pupuk bersubsidi untuk mendukung peningkatan produksi kelapa sawit di kebun petani tidak ada lagi.

"Untuk dapat kami sampaikan beberapa poin yakni Tingginya harga pupuk saat ini menjadi bahan yang cukup berat bagi petani kelapa sawit di tengah kondisi masih relatif rendahnya harga jual TBS,”ujar Gubernur Syamsuar, Jumat (12/8/2022).

“ Terbatasnya daya beli pekebun kelapa sawit untuk memenuhi kebutuhan pupuk akan berdampak tidak terpenuhinya standar pembukuan pemupukan untuk budidaya kelapa sawit di tingkat perkebunan," imbuhnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved