Breaking News:

Berita Riau

Ini Jadwal Pengadaan TNKB Putih untuk Roda Empat di Riau, Ada 3 Prioritas yang Bisa Dapat Lebih Dulu

Ada 3 prioritas yang bisa dapat TNKB Putih lebih dulu dan jadwal pengadaannya untuk roda empat di Riau.

Penulis: Rizky Armanda | Editor: Ariestia
Dokumentasi Satlantas Polresta Pekanbaru
Ada 3 prioritas yang bisa dapat TNKB Putih lebih dulu dan jadwal pengadaannya untuk roda empat di Riau. FOTO: Pengendara mobil pengguna TNKB putih ditilang oleh petugas. Pasalnya, mereka membuat sendiri TNKB tersebut. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ada 3 prioritas yang bisa dapat TNKB Putih lebih dulu dan jadwal pengadaannya untuk roda empat di Riau.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau, memperkirakan pengadaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda empat sekitar awal Desember 2022 atau awal Januari 2023.

Demikian disampaikan Kasubdit Regident Lantas Polda Riau, Kompol Budi Setiyono.

Ia menyatakan, untuk pelat seri BM putih yang digunakan kendaraan roda empat yang beredar saat ini, adalah buatan sendiri dari masyarakat.

"Jadi imbauan kita yang menggunakan TNKB, sementara pakailah yang sesuai spektek di kami kepolisian. Kita menghabiskan terlebih dahulu untuk TNKB yang hitam, sesuai petunjuk dan arahan Korlantas habiskan stok lama, baru kita berlakukan yang baru," ucap Budi.

Ia menerangkan, untuk pelat putih baru, pelayanan untuk mendapatkannya akan dibuka setelah awal Desember 2022 atau awal Januari 2023.

"Tentunya dengan ketentuan prosedur yang ada, membayar PNBP Rp100 ribu untuk roda empat," terangnya.

"Namun kita prioritaskan, ini tergantung pengiriman dari pusat. Prioritas untuk kendaraan baru, ganti STNK 5 tahunan, dan balik nama," imbuhnya.

Sementara itu diuraikan Kasubdit Regident, untuk pengadaan TNKB roda dua atau sepeda motor, mengalami minus sekitar 40 ribu.

"Kita sudah dapat dari Korlantas 100 set. Sehingga kita dahulukan hutang kita yang minus 40 ribu, kita cetak duluan. Sembari mengimbau masyarakat untuk yang belum menerima TNKB, silakan mengambil ke Samsat terdekat," ucap Budi.

Dipaparkannya, pengadaan pelat putih untuk sepeda motor di Riau, sudah dikerjakan sejak awal Juni 2022 sampai sekarang.

"Mulai Juni sudah kita kerjakan sampai dengan sekarang. Kalau roda dua sudah berlaku yang baru, karena memang sudah diproduksi dan dibagikan ke masyarakat sejak Juni," bebernya.

Lalu untuk roda empat, sesuai arahan Korlantas kata Budi, terlebih dahulu harus menghabiskan stok lama atau TNKB hitam.

"Untuk roda empat sementara belum," pungkasnya. (Tribunpekanbaru.com/Rizky Armanda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved