Breaking News:

Berita Riau

Banyak Warga Luar Provinsi Positif Covid-19, Pemprov Riau Minta Pihak Bandara Perketat Pemeriksaan

Pemprov Riau meminta kepada pihak KKP Angkasa Pura II Bandara SSK II Pekanbaru agar kembali melakukan pemeriksaan penumpang.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang
Pemprov Riau meminta kepada pihak KKP Angkasa Pura II Bandara SSK II Pekanbaru agar kembali melakukan pemeriksaan penumpang. FOTO ILUSTRASI: Suasana Bandara SSK II Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta kepada pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Angkasa Pura II Bandara SSK II Pekanbaru agar kembali melakukan pemeriksaan kepada setiap penumpang yang baru tiba di Pekanbaru.

Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 di Riau.

Sebab saat ini kasus Covid-19 di Ruau mengalami lonjakan dan sebagian besarnya adalah warga dari luar provinsi riau.

"Kita juga sudah koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan GM Angkasa Pura II meminta agar mengaktifkan pemeriksaan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin, Minggu (14/8/2022)

Zainal menegaskan, selain memperketat orang masuk ke Riau, pihaknya juga mengingatkan agar protokol kesehatan dan syarat perjalanan domestik tetap harus dilengkapi.

Seperti vaksin dosisi ketiga (booster). Kemudian jika belum melakukan booster, harus periksa tes Rapid Antigen dan Swab PCR.

Zainal menjelaskan, kasus Covid-19 di Riau dari luar provinsi terus mengalami peningkatan.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatat hinhga 12 Agustus 2022 kemarin, terdapat 63 warga luar Riau yang positif Covid-19.

Meski kasus dari warga luar Provinsi Riau mengalami peningkatan, namun kata Zainal, belum ada pembatasan orang datang dan bepergian.

"Untuk perjalanan orang kita masih mengacu Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 22 Tahun 2022. Artinya kita tak bisa membatasi orang bepergian," ujarnya.

Zainal menjelaskan, hingga saat ini ada 63 pasien Covid-19 di Riau merupakan warga luar provinsi. Dimana rata-rata pasien yang positif Covid-19 menjalani isolasi karena tidak bergejala.

"Tapi ada juga yang dirawat di rumah sakit sebanyak 7 orang karena ada riwayat penyakit bawaan, sisanya 56 pasien tanpa gejala," katanya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved