Breaking News:

Berita Siak

Hadir Musda II IKTD Siak, Bupati Alfedri Sebut Kesultanan Siak Berhubungan Erat dengan Tanah Datar

Bupati Siak Alfedri menghadiri pembukaan Musda IKTD Kabupaten Siak, Sabtu di Hotel Highland Perawang, kecamatan Tualang.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri bersalaman dengan tokoh-tokoh IKTD Kabupaten Siak saat Musda II IKTD, Sabtu (13/8/2022) di Perawang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri menghadiri pembukaan musyawarah daerah (Musda) II Ikatan Keluarga Tanahdatar (IKTD) Kabupaten Siak, Sabtu (13/8/2022) di Hotel Highland Perawang, kecamatan Tualang.

Ratusan orang Kabupaten Tanahdatar, Sumatera Barat yang sudah menetap di kabupaten Siak hadir pada kegiatan itu.

Saat memberikan sambutan, Bupati Siak Alfedri mengingatkan kembali hubungan Siak dengan Tanahdatar sangat erat. Hubungan itu terbangun sejak sangat lama, raja Siak pertama yaitu Raja Kecik.

“Pada zaman kesultanaan Siak ada empat datuk salah satunya Datuk Tanah Datar. Jadi Tanah Datar sudah tercatat dalam sejarah kerajaan Siak atas kontribusi dan komitmennya untuk negeri ini,” kata Alfedri.

Alfedri meminta, sejarah itu harus menjadi spirit warga Tanahdatar yang menetap di Siak untuk sama-sama memajukan daerah ini. Ia berkeyakinan masyarakat asal Tanahdatar yang tinggal di Siak juga mencintai Siak sama dengan masyarakat lainnya.

"Pada akhirnya kami selaku Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musda II Ikatan Keluarga Tanah Datar Kabupaten Siak, tentunya kami berharap pengurus yang terpilih nantinya bisa berkalaborasi dan besinergi dengan Pemerintah Daerah dalam membangun Kabupaten Siak yang lebih maju kedepannya,” kata Alfedri.

Alfedri menambahkan, Pemerintah Kabupaten Siak terus mengesa pelayanan-pelayanan bagi masyarakat dalam bidang pendidikan, pengurusan administrasi kependudukan, dan penuntasan kemiskinan serta dalam bidang agama dan budaya. Ia juga menginginkan anak-anak dari IKTD kabupaten Siak berebut prestasi yang membawa nama kabupaten Siak.

"Pemerintah Kabupaten Siak berkomitmen membantu masyarakat dalam berbagai urusan, pada program Bujang Kampung, kami memberikan pelayanan pembuatan KTP, KK, KIA bagi masyarakat, kami juga berkomitmen meningkatkan SDM dengan memberikan beasiswa bagi anak-anak yang berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan juga kami berharap dukungan dari IKTD Siak agar program 1000 UMKM bisa tercapai demi meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Siak,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Musda II IKT Henri Koto menyambut baik usulan Bupati Siak Alfedri. Ia mengucapkan terimakasih kepada Bupati Siak beserta jajaran telah ikut hadir dalam Musda II IKTD Kabupaten Siak.

Menariknya, Musda II IKTD ini bertajuk "Manjapuik Nan Tatingga, Mangumpuakan nan taserak mengambangkan nan talipek”. IKTD berkeinginan untuk mengumpulkan masyarakat asal Tanahdatar yang tinggal di kabupaten Siak.

"Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul dengan pemimpin negri ini dalam pembukaan musda II IKTD Kabupaten Siak, ini merupakan kepedulian Pak Bupati terhadap kita dan sudah sepatutnya kita membantu Pemerintah dalam membangun Kabupaten Siak, dan kami berpesan kepada Bupati Siak agar menjaga masyarakat Tanahdatar sama dengan masyarakat lain di Kabupaten Siak ini,” ucapnya.

Pada Pembukaan ini turut hadir anggota DPRD Kabupaten Siak Gustimar, Camat Perawang Tengku Indra Putra, Kapolsek Perawang AKP Alvin, Ketua IKMR Siak Syamsurizal, tokoh masyarakat dan peserta Musda II IKTD Kabupaten Siak. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved