Breaking News:

Berita Siak

Bupati Siak Pimpin Apel HUT Gerakan Pramuka ke-61

Buper Tengku Buwang Asmara, Kecamatan Mempura, dipadati insan Pramuka dari seluruh kabupaten Siak sejak Minggu-Senin

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak sekaligus Kakwarcab Pramuka Siak Alfedri memeriksa perlengkapan anggota Pramuka Penggalang pada peringatan HUT Pramuka ke 61, Minggu (14/8/2022) di Buper Tengku Buwang Asmara. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bumi Perkemahan (Buper) Tengku Buwang Asmara, Kecamatan Mempura, dipadati insan Pramuka dari seluruh Kabupaten Siak sejak Minggu-Senin (14-15/8/2022).

Mereka menggelar berbagai aktivitas dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-61, yang jatuh 14 Agustus 2022.

Bupati Siak Alfedri sekaligus Kepala Kwartir Cabang (Kakwarcab) Kabupaten Siak menjadi inspektur pada upacara peringatan HUT Pramuka ke -61 ini. Mengenakan pakaian Pramuka lengkap, ia membacakan teks pidato Kepala Kwarnas Pramuka Indonesia.

“Dirgahayu Gerakan Pramuka ke-61 serta Dirgahayu Republik Indonesia ke - 77, mari semangat untuk maju,” kata Alfedri penuh semangat.

Alfedri menyebut segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Kirana ini tanggal genap berusia 61 tahun pada 14 Agustus 2022 kemarin. Usia yang sudah tua namun Pramuka tidak akan pernah mati, sebab Pramuka ada di hati anggota dan masyarakat Indonesia. Usia boleh tua namun gerakan harus dibangun dengan penuh semangat muda.

"Kita perlu mengucapkan syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa atas nikmat dan berkah-Nya, sehingga sampai hari ini Pramuka terus berkembang di segala lini,” kata dia.

Peringatan hari Pramuk ke-61 tahun ini bertajuk Mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa. Tema ini menurut Alfedri sangat cocok dengan semangat Pemkab Siak yang terus maju di segala bidang.

”Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Pengabdian yang kita lakukan bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” kata dia.

Ia menambahkan, hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat. Pendidikan di Pramuka membuat anggota Pramuka cekatan, tangkas, cepat tanggap, peduli, kreatif dan innovatif dalam kehidupan sehari-hari.

”Semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya," kata dia.

Usai upacara HUT pramuka ke 61, Alfedri menyerahkan Lencana Pancawarsa kepada anggota orang dewasa Gerakan Pramuka. Hal itu sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

“Kabupaten Siak siap menjadi garda terdepan untuk kemajuan Gerakan Pramuka, kita mulai tahun ini semua Gudep harus terakreditasi,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved