Breaking News:

Video Berita

VIDEO: TNI AL Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Beting Aceh Rupat Riau

Perayaan Dirgahayu Republik Indonesia ke -77, TNI Angkatan laut melaksanakan pengibaran bendera merah putih di bawah Laut di 77 titik yang dilaksanaka

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Perayaan Dirgahayu Republik Indonesia ke -77, TNI Angkatan laut melaksanakan pengibaran bendera merah putih di bawah Laut di 77 titik yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Tema yang diusung pada perayaan HUT hari kemerdekaan 2022 ini yakni "Membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, dan pulau Beting Aceh Rupat Bengkalis Riau menjadi salah satu titik lokasi pengibaran bendera, Rabu, (17/08/2022)

Perlu di ketahui, Sang Merah Putih berkibar di Pulau tak berpenghuni dan paling luar dekat dengan perbatasan Indonesia - Malaysia.
Pantai Beting Aceh Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis, yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka.

Selat Malaka merupakan alur pelayaran teramai dan tersibuk di dunia, hari ini Rabu (17/8/2022) Personil Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai, berhasil mengkibarkan Sang Merah Putih dibawah Laut di kedalaman sekitar 5 Meter, dan menjadi titik ke 74 dari 77 se Indonesia.

Untuk Provinsi Riau ini merupakan yang perdana dilaksakan Pengibaran Sang Merah Putih di bawah Laut tepatnya di perairan Riau, khususnya di Pantai Beting Aceh Rupat Utara.

Pasukan yang berhasil mengibarkan Bendera di Bawah Laut ‎Rupat Utara tersebut yakni, Peltu Mar Sukri Komandan Upacara, Sertu Jas Johan Untung (Lanal Dumai). Serda TTG Aldef Priadi (Lanal Dumai), Serda Bah Jabbar S. Nur Aras (Lanal Dumai), Agus Suprianto (Basarnas Pekanbaru), Frans Leo Pratama (Basarnas Pekanbaru).

Pengibaran bendera dibawah laut ini, diawali dengan Upacara peringatan ke-77 ‎Kemerdekaan RI,
‎bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni, ‎ Pasops Lanal Dumai Kapten Laut (P) Sony Erfianto, perwira upacara Danposal Tanjung Medang Letda Laut (P) Tuko Wijaya, dan komandan upacara Peltu Mar Sukri

Kolonel Laut (P)‎ Stanley Lakahena melalui, Pasops Lanal Dumai Kapten Laut (P) Sony Erfianto,didampingi Danposal Tanjung Medang Letda Laut (P) Tuko Wijaya‎ mengungkapkan, bawa Tni angkatan laut melaksanakan kegiatan pengibaran bendera dibawah air dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 pada 17 agustus 2022.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan secara serentak di 77 titik di seluruh wilayah indonesia yang terpusat di kepulauan seribu. kegiatan pengibaran bendera merah putih dibawah air merupakan instruksi dari kepala staf angkatan laut Laksamana TNI Yudo Margono, dengan dijiwai semangat kemerdekaan RI, membangun kejayaan maritim untuk indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

"Pada kesempatan ini pangkalan TNI angkatan laut Dumai, bersama Forkopimda dan Basarnas telah berhasil mengibarkan Merah putih di bawah laut Rupat Utara tepatnya di Beting Aceh," sebutnya

Diakuinya, ada enam pasukan pengibaran bendera merah putih bawah laut, Empat personil dari Lanal Dumai, dan dua lagi dari Basarnas.

"Untuk kedalaman itu sekitar 5 Meter, memang air tak begitu jernih, namun semangat dari kemerdekaan alahamdullilah kita bisa mengibarkan bendera di bawah laut Beting Aceh, di titik 74," terangnya.

‎Sementara, Peltu Mar Sukri Komandan Upacara‎ Bawah Laut mengaku, bangga dan menjadi suatu kehormatan bisa menjadi komandan upacara pengibaran bendera merah putih perdana di Riau.

"Walaupun kondisi air di bawah laut masih keruh, karena memang di Riau ini, air laut yang paling jernih itu di Beting Aceh, namun pengibaran bendera merah putih dibawah laut berhasil dilaksanakan," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved