Breaking News:

Harga TBS Sawit Riau

Disnakbun Rohul Minta Perusahaan Tetapkan Harga TBS di Rohul Tidak Terlalu Rendah

Seluruh perusahaan perkebunan di Rohul yang memiliki pola kemitraan wajib menerapkan harga TBS di Rohul sesuai yang ditetapkan oleh pemerintah.

Editor: Ariestia
Net
Seluruh perusahaan perkebunan di Rohul yang memiliki pola kemitraan wajib menerapkan harga TBS di Rohul sesuai yang ditetapkan oleh pemerintah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Seluruh perusahaan perkebunan di Rohul yang memiliki pola kemitraan wajib menerapkan harga TBS di Rohul sesuai yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Saat ini, harga TBS yang dibuka oleh pemerintah berkisar di harga Rp. 2.232 per kilogram untuk sawit di atas 10 tahun," kata Syamsul.

Dia juga menerangkan, Disnakbun Rohul mengawasi secara ketat penerapan harga TBS di Rohul oleh perusahaan kepada petani setiap hari.

"Setiap hari perusahaan perkebunan di Rohul wajib melaporkan harga jual sawit di pabrik masing-masing supaya dapat dikontrol oleh pemerintah daerah," ungkap dia.

Syamsul juga mengingatkan, agar perusahaan perkebunan kelapa sawit di Rokan Hulu tidak menjual Tandan Buah Sawit (TBS) dengan harga terlalu rendah agar tidak menyulitkan petani.

"Kepada perusahaan juga kita harapkan agar tidak meletakkan harga sawit terlalu rendah. Apalagi kepada petani yang tergabung dalam pola kemitraan agar mengikuti harga yang ditetapkan oleh pemerintah," tandasnya. 

Seperti  PT Ekadura Indonesia menerima harga TBS di Inhu milik masyarakat di sekitar kawasan perusahaan sebesar Rp. 1.600 per kilogram.

Harga tersebut diberlakukan kepada masyarakat petani sawit non kemitraan di lingkungan areal perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Kunto Darussalam.

CDO PT Ekadura Indonesia Ginanjar Maolid mengatakan, penerapan harga sawit bagi masyarakat umum non kemitraan berbeda dengan harga tandan buah sawit yang diberlakukan bagi petani mitra.

"Bagi petani mitra, harga tandan buah sawit yang dibeli oleh pabrik akan mengikuti ketentuan perusahaan," kata Ginanjar pada Kamis (11/8/2022).

Pemberlakuan pola tersebut pun dibenarkan oleh Sekretaris Disnakbun Rokan Hulu Syamsul Kamar yang mengatakan.

(Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved