Breaking News:

Kembali Tertinggi Sepanjang Sejarah, Laba Bersih PTPN V Tembus Rp 1,3 Triliun

PT Perkebunan Nusantara V berhasil mencatatkan laba bersih Rp1,3 triliun untuk tahun buku 2021.

Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Kembali Tertinggi Sepanjang Sejarah, Laba Bersih PTPN V Tembus Rp 1,3 Triliun. Foto: CEO PTPN V, Jatmiko Santosa tengah berdoa saat menjadi inspektur upacara HUT RI ke-77 di Kantor Direksi PTPN V, Kota Pekanbaru, 17 Agustus 2022 kemarin. Selama tiga tahun terakhir, The Best CEO Strategic Orientation BUMN Awards 2021 itu berhasil menakhodai PTPN V menjadi perusahaan BUMN dengan laba di atas satu triliun rupiah pada 2021 lalu. Raihan tersebut berpotensi kembali meningkat menyusul kinerja cemerlang sepanjang semester 1 tahun ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -

PT Perkebunan Nusantara V berhasil mencatatkan laba bersih Rp1,3 triliun untuk tahun buku 2021. Raihan tersebut kembali memecahkan rekor laba tertinggi PTPN V sepanjang perusahaan berdiri.

“Alhamdulillah, buah dari perbaikan yang digesa selama tiga tahun terakhir, dapat membawa Perusahaan untuk membukukan laba bersih Rp 1,305 triliun. Tertinggi sepanjang sejarah perusahaan berdiri," kata Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Kamis (18/8/2022).

Angka Rp1,3 triliun itu sendiri menyumbang hampir sepertiga dari total laba setelah pajak induk usaha PTPN V, Holding Perkebunan Nusantara tahun 2021 sebesar Rp4,6 triliun, atau melonjak 312,81 persen dari laba PTPN V tahun sebelumnya.

Konsistensi tren positif tersebut tetap berlanjut pada tahun ini. Pada semester pertama 2022 ini, PTPN V berhasil mencatatkan laba bersih unaudit sebesar Rp781 miliar. Angka tersebut meningkat 158 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021.

The Best CEO Strategic Orientation pada BUMN Award 2021 itu optimis di tahun ini kinerja perusahaan akan lebih baik walau korporasi mengalami pasang surut harga komoditas utamanya yaitu minyak sawit mentah atau CPO.

“Insyaa Allah 2022 lebih baik. Dengan dukungan penuh pemegang saham serta dengan sumber daya terbaik, ruang perbaikan serta selalu terbuka, tahun ini kita optimis melampaui capaian 2021," lanjut dia.

Keyakinan tersebut menurutnya berdasarkan pada perbaikan menyeluruh yang berhasil menjadi budaya dan terbukti memberi dampak positif. Perbaikan yang diusung Jatmiko Santosa dalam memimpin selama tiga tahun terakhir telah membawa perusahaan tersebut di kelas yang berbeda.

"Komitmen, konsistensi, dan persistensi semangat perbaikan ini harapannya cuma satu, menjadi leading company di bidangnya, serta berkontribusi nyata kepada bangsa dan negara, layaknya semangat kemerdekaan tahun ini, pulih lebih cepat bangkit lebih kuat," ujarnya.

Sosok yang mulai menakhodai PTPN V sejak medio 2019 itu sukses membawa PTPN V memecahkan beragam rekor secara berturut-turut, baik operasional maupun finansial meski harus dihadapkan pada badai pandemi berkepanjangan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved