Breaking News:

Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Pelambaian Sosialisasi Stunting pada Anak

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta UNRI gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting pada Anak dan Gizi Buruk Pada Ibu Hamil di Posyandu Rosella

Editor: Nolpitos Hendri
Istimewa
Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Pelambaian Sosialisasi Stunting pada Anak 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta UNRI gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting pada Anak dan Gizi Buruk Pada Ibu Hamil di Posyandu Rosella Desa Pelambaian, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Kamis (07/07/2022).

Terkait pentingnya meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan serta menjaga asupan gizi bagi ibu hamil agar mencegah bayi terdampak stunting.

Mahasiswa KUKERTA Balek Kampung UNRI, terdiri dari 10 orang diketuai Junindo Yusuf Eka Pradana (Manajemen Sumberdaya Perairan), dengan anggota Rama Wahyudi (Manajemen Sumberdaya Perairan), Afrilisa Dini Astia Putri (Ilmu Komunikasi), Febrina Rismawati (Manajemen Sumberdaya Perairan), Rifka Hamdillah (Ilmu Kelautan), Delvia Gusmadella (Manajemen Sumberdaya Perairan), Tyara Athirah Salsabilla (Pendidikan Kimia), Desrila Rahmania (Manajemen Sumberdaya Perairan), Desy Angraini (Pendidikan Kimia), dan Vira Angelia (Pendidikan Dokter).

Mahasiswa KUKERTA UNRI Desa Pelambaian dikoordinir oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Nur Azlina SE.M.Si., Ak.,CA., CGAA., CertipSAS.

Kegiatan Sosialisasi diawali oleh sambutan dan dibuka oleh Elindra Surianti Amd., Keb., selaku bidan Desa Pelambaian.

Dalam sambutannya ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu tentang makanan yang sehat dan bergizi kepada masyarakat Desa Pelambaian, terutama ibu-ibu hamil yang akan mempengaruhi kondisi bayi sejak dalam kandungan.

“Stunting dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan gizi selama hamil, terbatasnya akses pelayanan kesehatan, kurangnya air bersih dan sanitasi, serta kurangnya akses makanan bergizi,” kata Elindra.

Elindra menambahkan, pada ibu hamil yang kekurangan gizi dapat berdampak pada bayi menjadi stunting sekitar 15 persen akan tetapi dapat diatasi setelah ibu melahirkan dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi.

Selain itu, penyuluhan mengenai Pedoman Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga disampaikan pada sosialisasi kali ini.

PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas keadaran, sehingga anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan masyarakat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved