Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Lanal Dumai Berhasil Gagalkan Peredaran 13 Paket Besar Sabu Seberat 14 Kg

Lanal Dumai beserta tim Satgas Ops Intelmar Lantamal I berhasil menegah, narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 13 bungkus di perairan muara sungai masjid

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77, pada Rabu (17/8/2022) tim F1QR Lanal Dumai beserta tim Satgas Ops Intelmar Lantamal I berhasil menegah, narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 13 bungkus di perairan muara sungai masjid, bangsal aceh, Kota Dumai, sekira pukul 04.30 WIB.

Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, pemimpin Konferensi pers Di Mako TNI AL Dumai, pada Kamis (18/8/2022) didampingi Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, Wali Kota Dumai, Paisal, Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi, BNN Provinsi, dan BC Dumai, serta tamu undangan lainnya.

‎Pada Konferensi Pers tersebut, Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo mengapresiasi apa yang‎ sudah dikerjakan oleh Lanal Dumai, dan berhasil menggagalkan penyelundupan Sabu Sabu seberat 14 Kg lebih, bersama dua orang tersangka, dihari HUT RI ke 77.

Ia mengungkapkan, ‎Kornologis penangkapan dua orang tersangka beserta barang bukti 13 bungkus sabu seberat 14 kilogram lebih tersebut bermula, pada Selasa (16/8/2022) sekitar Pukul 17.00 WIB, tim melaksanakan pemantauan terhadap semua kapal-kapal pompong yang melintas di sekitar perairan tanjung medang hingga Boya Gila, terpantau sebuah speed berkecepatan tinggi yang di duga berasal dari arah perairan malaysia menuju kapal pompong jaring yang mencurigakan.

Kemudian, tambahnya, Pukul 18.25 WIB pada saat tim mendekati kedua kapal tersebut, terlihat seseorang melempar sebuah karung berwarna putih ke laut hingga terbawa arus, selanjutnya tim bergerak cepat melaksanakan pengejaran terhadap speed boat yang melaju kencang menuju perairan Malaysia.

"Tim memutuskan kembali karena speed sudah masuk ke wilayah perairan Malaysia. Selanjutnya tim melaksanakan penyisiran terhadap benda mencurigakan yang di buang ke laut," katanya

Diakuinya, Pukul 18.50 WIB, tim menemukan barang berupa karung putih, berisi tas hitam yang di dalamnya terdapat 13 bungkus benda yang diduga narkoba jenis sabu-sabu, selanjutnya tim melakukan pemantauan terhadap kapal pompong jaring yang menjemput barang tersebut terpantau bergerak menuju ke arah perairan Dumai.

Laksamana Pertama TNI Johanes menerangkan pada Rabu (17/8/2022) pukul 04.15 WIB terpantau kapal pompong yang dicurigai masuk menuju perairan sungai masjid dan sandar di pesisir pantai, kemudian tim berhasil mengamankan 2 orang ABK beserta kapal pompong jaring tanpa nama.

"Sementara tekong dan 2 orang lainnya melarikan diri ke hutan bakau, pengejaran telah dilaksanakan namun tidak berhasil. Selanjutnya kapal pompong jaring tanpa nama beserta barang bukti dan 2 ABK dikawal menuju pos Babinpotmar Sungai Dumai untuk penyelidikan lebih lanjut," sebutnya.

Diakuinya, tersangka yang diamankan inisial HS (39) warga Bukit Kapur Kota Dumai, LD (46) warga Bukit Kapur Kota Dumai. Sedangkan barang bukti yang diamankan 13 bungkus diduga narkoba jenis sabu-sabu dengan berat total keseluruhan 14,077 Kilogram. 1 kapal pompong jaring tanpa nama GT 5, 1 buah tas hitam, 1 karung putih dan ‎1 KTP atas nama Heru Saputra.

"Terkait barang bukti berupa kapal pompong jaring tanpa nama tersebut, AL akan mengajukan surat penetapan ke ke Pengadilan Negeri Dumai untuk disita dan dimusnahkan, sedangkan BB sabu diserahkan ke BNN Riau. Atas keberhasilan ini, TNI AL telah menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu senilai Rp9,8 Miliar rupiah," imbuhnya

Laksamana Pertama TNI Johanes menegaskan bahwa TNI AL akan senantiasa mendukung penuh upaya pemerintah dalam memerangi dan memberantas peredaran narkoba (war on drugs).

Ditegaskannya, kegiatan penggagalan pengedaran narkoba melalui jalur laut merupakan arahan dan intruksi langsung dari bapak kasal dan panglima koarmada I dan sebagai bentuk keseriusan TNI AL, sebagai salah satu penegak hukum di laut yang sangat concern dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba baik dari atau di atau dan melalui laut serta penyelundupan barang ilegal lainnya di negara kesatuan republik indonesia khususnya wilayah kerja Lanal Dumai yang merupakan salah satu jajaran lanal di lantamal I," tegasnya.

Sementara, Wali Kota Dumai, Paisal mengapresiasi pengungkapan Narkoba jenis sabu sabu 14 kg lebih ‎oleh TNI AL Dumai, tentunya dengan penegahan ini generasi muda Dumai, banyak yang diselamatkan.

"Pemerintah kota Dumai, siap bersinergi dengan penegak hukum dalam memerangi narkoba, di wilayah Dumai," ‎pungkasnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved