Breaking News:

Berita Siak

Data Kasus PMK di Siak Capai 282 Ekor Sapi dan Vaksinasi 3.000 Ekor Sapi

Kasus PMK pada hewan ternak di Kabupaten Siak mencapai 282 ekor sapi. Diskannak Siak telah melakukan vaksinasi untuk 3.000 ekor sapi.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
ISTIMEWA
Kasus PMK pada hewan ternak di Kabupaten Siak mencapai 282 ekor sapi. Diskannak Siak telah melakukan vaksinasi untuk 3.000 ekor sapi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Siak mencapai 282 ekor sapi.

Seiring menyebarnya virus PMK, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Siak juga telah melakukan vaksinasi untuk 3.000 ekor sapi.

Kepala Diskannak Siak, drh. Susilawati mengatakan, PMK pada hewan ternak sudah menyebar di 21 desa dan 10 kecamatan di kabupaten Siak. Jumlah hewan terinfeksi sebanyak 282 ekor mengalami sakit hingga saat ini sebanyak 84 ekor, mati 4 ekor, potong paksa 3 ekor dan sembuh ssbanyak 191 ekor.

“Sejauh ini kita telah melakukan suntik vaksin sebanyak 3039 ekor. Kemudian tetap memberikan pengarahan kepada peternak sapi di Siak untuk megantisipasi penyebaran virus semakin banyak,” kata Susi, Jumat (19/8/2022).

Susi menerangkan, populasi sapi ternak di Siak sebanyak 26.400 ekor lebih. Penyebaran PMK terbanyak terjadi di kecamatan Kandis namun penangan juga dipercepat agar virus tidak mudah menyebar ke sapi yang masih sehat.

“Target kita untuk vaksinasi sebanyak 80 persen dari populasi sapi di Siak. Nah saat ini sudah masuk 7.000 dosis vaksin ke Siak sekalian untuk booster. Kita terus minta ke pusat agar semakin banyak dosis vaksin yang diturunkan ke daerah,” kata dia.

Di Kecamatan Tualang, ada empat desa yang terinfeksi PMK. Di desa Maredan terdapat 8 ekor sapi yang terinfeksi, hingga saat ini semua sapi terinfeksi berhasil sembuh.

Di Desa Perawang Barat terdapat satu ekor sapi terinfeksi PMK namun berhasil sembuh. Di Desa Tualang terdapat 20 ekor sapi terinfeksi PMK, 16 ekor sakit, tiga sembuh dan satu ekor potong paksa.

Desa Pinang Sebatang Barat, terdapat 8 ekor sapi terinfeksi PMK, saat ini semuanya masih dalam kondisi sakit. Di kecamatan Tualang juga sudah dilaksanakan suntik vaksin untuk 200 ekor sapi.

Di Kecamatan Kandis, virus PMK menyebar di desa Pencing Bekulo, Kelurahan Kandis dan desa Telaga Samsam. Di Pencing Bekulo terdapat 82 ekor sapi terinfeksi PMK. Sejauh ini sebanyak dua ekor sapi dinyatakan mati dan 80 ekor lainnya sembuh.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved