Breaking News:

Berita Siak

HUT RI ke-77, Bendera Kesultanan Siak Dikirab dari Monas ke Istana Merdeka

Bendera Kesultanan Siak Sri Indrapura, diarak dari Monumen Nasional (Monas)menuju Istana Merdeka, di Jakarta, Rabu

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bendera Kesultanan Siak Sri Indrapura ikut kirab Duplikat Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih bersama Teks Proklamasi diarak dari Monumen Nasional (Monas)menuju Istana Merdeka, di Jakarta, Rabu (17/8/2022). Bendera kebanggaan masyarakat atas sejarah kesultanan itu dibawa oleh Serka Gopardin dan Sertu Warto dari Kodim 0322/Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bendera Kesultanan Siak Sri Indrapura, kembali hadir mengikuti kirab Duplikat Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih bersama Teks Proklamasi diarak dari Monumen Nasional (Monas)menuju Istana Merdeka, di Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

Bendera kebanggaan masyarakat atas sejarah kesultanan itu dibawa oleh Serka Gopardin dan Sertu Warto. Serka Gipardin merupakan Babinsa yang bertugas di kampung Mandiangin, Koramil 03 Minas, kecamatan Minas. Sedangkan Sertu Warto bertugas di Koramil 01/Siak.

Kedua personel TNI AD tersebut ditugaskan oleh Komandan Kodim 0322/Sik Letkol Inf Muhammad Faisal Efendi untuk pengawalan bendera kesultanan Siak tersebut. Keduanya menjalankan tugas dengan baik dan membanggakan.

“Kami sangat bangga mendapat tugas mengawal bendera kesultanan Siak. Duplikat bendera kesultanan Siak telah diperjalankan dan bertolak dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menuju Bandara Sukarno Hatta Jakarta,” kata Serka Gopardin.

Ia menjelaskan, mereka diterima oleh Koordinator duplikat bendera Kerajaan se Nusantara di Jakarta dari dari Mabes TNI.

Duplikat Bendera Kerajaan Siak ikut tergabung dalam 34 Kerajaan Kesultanan dan Suku dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bendera-bendera kerajaan dan kesultanan se Nusantara itu ikut memeriahkan HUT RI ke -77.

"Kami merasa bangga pada HUT RI Yang ke-77 ini, kami berkesempatan ikut dalam rangka menjadi duta Kerajaan Siak,” kata dia.

Tidak hanya itu, kedua prajurit TNI ini sekaligus mempromosikan pakaian adat dan tenunan Pucukrebung khas Siak kepada pengunjung yang berada di lapangan Monas dan di sekitar istana Merdeka.

Bupati Siak Alfedri juga mengatakan kirab duplikat bendera kesultanan Siak di Jakarta sangat membanggakan. Sejarah mashurnya kerajaan Siak diakui secara nasional dan dihormati hingga saat ini.

“Terimakasih tak terhingga kepada Bapak Dandim yang telah menugaskan dua personel terbaiknya yaitu Bapak Serka Gopardin dan Sertu Warto. Ini menjadi momentum yang sangat luar biasa yang membuat masyarakat Siak secara umum ikut merasakan kebanggaan itu,” kata dia.

Alfedri berhadap pemerintah pusat selalu mengikutsertakan kirab duplikat bendera kerajaan atau kesultanan se Nusantara. Sedangkan kesultanan Siak bagian integral dari kesultanan se Indonesia sehingga harus terus hadir pada momentum HUTRI 17 Agustus.

“Nilai sejarah harus kita gaungkan untuk mendidikan segenap jiwa raga kita agar generasi tidak lupa dengan sejarah negerinya sendiri,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved