Breaking News:

Berita Siak

Menparekraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Siak, Sebut Desa Wisata Dayun Bisa Menang ADWI 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai Embung Terpadu Desa Wisata Dayun merupakan paket komplit.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Menparekraf RI Sandiaga Uno menerika lukisan Sultan Syarif Kasim II dari Bupati Siak Alfedri, Sabtu (20/8/2022) di Embung Terpadu, Kampung Wisata Dayun. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai Embung Terpadu Desa Wisata Dayun merupakan paket komplit.

Untuk dapat memenangkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, menurutnya desa ini kuat di kategori Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE.

Hal itu dikatakan Sandiaga Uno saat berkunjung ke Embung Terpadu Desa Wisaya Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Sabtu (20/8/2022). Ia ikut mendorong kampung Dayun bisa memenangkan ADWI 2022, seperti desa Koto Mesjid di Kampar yang tembus dua besar pada ADWI 2021 lalu.

“Riau adalah tanah kelahiran saya, dan daerah Dayun, Blok CPP area Zamrud ini adalah daerah operasi ayah saya dulu waktu di Caltex, rasanya kalau kurang baik, saya yang merasa berdosa. Mohon juri kasih impressi yang baik untuk Dayun,” kata Sandiaga.

Menparekraf RI Sandiaga Uno didampingi Bupati Siak Alfedri mendengarkan paparan Gubri Syamsuar terkait potensi wisata Kampung Dayun dan dukungan Pemprov Riau, Sabtu (20/8/2022) di Embung Terpadu, Kampung Wisata Dayun, Siak.
Menparekraf RI Sandiaga Uno didampingi Bupati Siak Alfedri mendengarkan paparan Gubri Syamsuar terkait potensi wisata Kampung Dayun dan dukungan Pemprov Riau, Sabtu (20/8/2022) di Embung Terpadu, Kampung Wisata Dayun, Siak. (Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra)

Ia bangga desa Dayun terpilih 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia. Dayun menjadi desa wisata yang menunjukkan paket komplit, awalnya embung yang menjadi sumber air untuk kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat ini berubah menjadi desa yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Allah SWT membukakan untuk peluang usaha, sampai ratusan masyarakat datang dan menikmati sampan dengan ongkos hanya Rp 10.000. Kunjungan wisata yang membawa berkah. Alhamdulillah,” kata dia.

Lokasi embung terpadu ini juga dekat dengan danau Zamrud, yang merupakan danau gambut terluas kedua di dunia. Sandiaga meminta agar semua pihak terus beradaptasi, berinovasi dan kolaborasi untuk menampilkan desa pariwsiata berbasis masyarakat berkelanjutan.

“Kita dorong terus apalagi sudah ada Bank BCA yang melakukan pendampingan untuk setahun ke depan. Ini menjadi semangat kita bahwa bukanlah Indonesia yang membangun desa tapi desa yang membangun Indonesia,” kata dia.

Kedatangan Sandiaga Uno ke Embung Terpadu Dayun bersama rombongan disambut hangat Gubernur Riau Syamsuar bersama Kepala Dinas Pariwisata Riau Ronni Rakhmat dan jajaran beserta Bupati Siak Alfedri dan jajaran.

Sandiaga Uno tiba pukul 13.30 WIB dan disambut dengan pasukan kompang. Sandiaga juga dipakaikan songket, tanjak dan tas selempang daun pandan produk UMKM setempat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved