Breaking News:

Berita Siak

Nonton Pacu Jalur ke Kuansing, Bupati Alfedri Mimpikan Tim Dayung Siak Ikut Tahun Depan

Bupati Siak Alfedri dan rombongan ikut meramaikan Tepian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Minggu

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri disuguhkan sirih oleh penari persembahan pada pembukaan pacu jalur 2022, Minggu (21/8/2022) di kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri dan rombongan ikut meramaikan Tepian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Minggu (21/8/2022) untuk menonton gelaran pacu jalur. Kegiatan tersebut dipadati wisatawan dan penduduk setempat.

“Saya hadir memenuhi undangan Pelaksana Tugas Bupati Kuansing pada pembukaan event Pacu Jalur. Ini bentuk dukungan moril sesama kabupaten destinasi pariwisata unggulan di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau,” kata Alfedri.

Ia mengaku sangat terkesan dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi pada event tersebut. Seketika itu pula Alfedri memimpikan jika ada tim dayung kabupaten Siak ikut bersaing dengan tim-tim tangguh lainnya.

“Berada di Tepian Narosa di tengah lautan manusia benar-benar mengagumkan. Yang saya bayangkan, tim Siak ikut di sini. Kemudian betapa menggeliatnya ekonomi rakyat selama event berlangsung, tentu dampak pertumbuhan ekonomi dalam event ini patut kita apresiasi. Kuansing sangat sukses menggelar event berbasiskan masyarakat,” kata dia.

Dari Tepian Narosa Bupati Siak Alfedri ikut melambaikan tangan ke peserta pacu jalur, Minggu (21/8/2022).
Dari Tepian Narosa Bupati Siak Alfedri ikut melambaikan tangan ke peserta pacu jalur, Minggu (21/8/2022). (Istimewa)

Alfedri juga menginginkan tim dayung Siak bisa tampil di event ini pada tahun depan. Sebab Siak juga merupakan daerah sungai yang mempunyai tim dayung yang cukup kuat untuk menaklukkan lintasan di pacu jalur.

“Kuansing sangat terkenal dengan event Pacu Jalur ini, namun semenjak Covid 19, event tidak terlaksana selama dua tahun. Meski demikian kami terkesan dengan animo masyarakat yang cukup tinggi untuk menyaksikan event pacu jalur. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan lancar,” kata Alfedri.

Alfedri juga menyebut semangat Siak dan Kuansing mempunyai persamaan. Selain sama-sama berusia 23 tahun pada 12 Oktober mendatang, juga mengusung visi pariwisata.

“Karena itu kita harus mendukung dan saling membesarkan untuk promosi wisata. Sebagai bentuk dukungan itu, Pemkab Siak berencana akan mengikutsertakan tim dayung terbaiknya untuk turut memeriahkan event tersebut, InsyaAllah pada tahun 2023 mendatang,” kata dia.

Demi mencapai mimpi itu, Pemkab Siak bakal bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Kuansing dan Sekitarnya (IKKS) yang ada di Kabupaten Siak. IKKS cukup besar di Siak.

“Kita maklum bahwa Ini adalah event olahraga yang berbasis budaya, adat tradisi yang dirawat dan dipelihara oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi. Uniknya seluruh desa di Kuansing ada jalur masing-masing yang diperlombakan, artinya semua desa berpartisipasi mensukseskan event pacu jalur. Dan tentu kontribusi yang luar biasa yang menggerakkan UMKM yang ada di Kabupaten Kuansing. Kami lihat spirit luar biasa dalam event pacu jalur ini,” kata Alfedri.

Suksesnya Pacu Jalur 2022 tidak hanya sekadar diacungi jempol, tetapi daerah bisa belajar ke Pemkab Kuansing terkait memeriahkan gelaran event berbasiskan budaya. Sebab, event olahraga berbasiskan budaya terbesar dan paling berpengaruh di Riau adalah Pacu Jalur Kuansing. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved