Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Beri Edukasi dan Informasi Lalu Lintas, Ditlantas Polda Riau Ciptakan Aplikasi Si Talam Manis

Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi tersebut, masyarakat juga dapat mengakses peta lalulintas yang sudah terintegrasi dengan Google Maps.

Penulis: Syahrul | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.com - Ditlantas Polda Riau membuat aplikasi Si Talam Manis sebagai inovasi bagi informasi lalu lintas di wilayah hukum Polda Riau.

Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Rokan Hulu AKP Bagus Harry Priambodo pada Kamis (11/8), aplikasi berbasis platform smartphone android itu dapat diakses oleh seluruh masyarakat luas di Rokan Hulu dan Riau pada umumnya.

Si Talam Manis yang merupakan akronim dari Polisi Lalulintas Tanggap Melayani Masyarakat dengan Humanis itu diluncurkan sebagai solusi untuk memberikan wawasan dan informasi lalulintas kepada masyarakat.

"Dengan menggunakan aplikasi Si Talam Manis, masyarakat bisa mengakses info SIM Keliling, Pelaporan Laka Lantas, Info Kemacetan dan informasi lain seputar lalulintas," sebut Bagus.

Menariknya lagi, dengan menggunakan aplikasi tersebut, masyarakat juga dapat mengakses peta lalulintas yang sudah terintegrasi dengan Google Maps.

Adapun cara untuk mengakses aplikasi Si Talam Manis, adalah dengan mengunduhnya di Playstore melalui smartphone berbasis Android.

Lalu, pengguna bisa langsung mendaftarkan diri melalui aplikasi tersebut dengan mengaktifkan fitur Lokasi pada smartphone yang digunakan.

Setelahnya, pengguna bisa langsung mengakses berbagai informasi seputar lalulintas melalui aplikasi tersebut.

"Jika ingin melaporkan adanya kecelakaan ataupun kejadian di jalan raya, masyarakat pengguna Si Talam Manis bisa langsung menggunakan fitur 'Laporkan' dengan menyertai foto yang diunggah pada saat kejadian yang dimaksud," bebernya.

"Setelah laporan selesai, maka operator akan mengarahkan personil lantas yang terdekat dengan lokasi yang dilaporkan untuk dapat merespon dengan cepat," tambahnya.

Bagus berharap, masyarakat Rokan Hulu dapat berkontribusi terhadap pelaporan lalulintas dengan menggunakan aplikasi Si Talam Manis tersebut.

"Kami berhaeap, masyarakat turut berperan serta dalam memberikan informasi seputar kejadian lalulintas di jalan raya agar dapat membantu tugas kepolisian," tandasnya. (Mad)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved