Breaking News:

Mata Lokal Memilih

Ketua PPP Riau Bingung, Sulit Cari Caleg Perempuan, Kurang Berminat di Dunia Politik?

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Riau Syamsurizal mengatakan, pihaknya kesulitan dalam merekrut caleg perempuan

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Riau Syamsurizal mengatakan, pihaknya kesulitan dalam merekrut caleg perempuan 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Partai politik (parpol) mulai melakukan perekrutan calon legislatif yang akan bersaing di Pemilu 2024 mendatang, termasuk PPP Riau yang sudah mulai prosesnya.

Hanya saja partai ini kesulitan untuk mendapatkan caleg dari kaum perempuan.

Hal ini dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Riau Syamsurizal, pihaknya kesulitan dalam merekrut caleg perempuan, sebagaimana harus ada keterwakilan perempuan.

"Kami sulit untuk dapat memenuhi caleg perempuan, ini persoalan yang kami hadapi di PPP saat ini dalam perekrutan caleg,"ujar Syamsurizal.

Menurutnya kriteria yang mereka inginkan caleg perempuan di PPP ini memiliki kemampuan baik itu kemampuan diri, nilai jual elektabilitas dan tentunya kemampuan lainnya.

"Kita ingin caleg untuk menang, makanya kita butuh caleg yang punya kemampuan punya biaya untuk kampanye dan menyiapkan semuanya nanti saat bertarung," ujar Syamsurizal.

Syamsurizal melihat persoalan minimnya caleg perempuan maju lewat PPP ini disebabkan karena mulai berkurangnya minta perempuan di politik, lebih memilih jadi ibu di rumah saja.

"Tapi memang harus dilakukan penelitian juga untuk memastikan penyebab minimnya keinginan perempuan untuk jadi Caleg ini,"ujar Syamsurizal yang juga wakil ketua di Komisi II DPR RI itu.

Upaya yang dilakukan PPP untuk memenuhi kuota keterwakilan perempuan ini, menurut Syamsurizal terus melakukan pencarian kepada sosok yang dianggap bisa diusung nantinya.

"Kami tetap akan cari sosok perempuan yang bisa menjadi caleg itu, kami akan jaring terus,"jelasnya.

Untuk diketahui selama ini tokoh perempuan di PPP Riau cukup dikenal mempuni, sebut saja nama Tengku Nazlah Khairati, kemudian ada juga nama Yurnalis.

Untuk proses perekrutan sendiri lanjut Syamsurizal saat ini sudah hampir finalisasi di tingkat DPR RI.

Sedangkan di tingkat provinsi sedang menyiapkan long list dan sudah memetakan mana caleg yang potensial bisa meraup suara.

"Begitu juga di kabupaten dan kota kami mulai persiapkan semuanya, secara matang, karena target kami PPP mengusung caleg untuk jadi pemenang,"ujar Syamsurizal.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved