Breaking News:

Mata Lokal Memilih

KPU di Kabupaten dan Kota di Riau Mulai Cek Kelengkapan Partai Politik

KPU di kabupaten dan kota sedang melakukan pengecekan kelengkapan masing-masing partai peserta pemilu, melalui verifikasi faktual di lapangan

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
ist
Ilustrasi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Komisioner KPU Riau Divisi Tekhnis Joni Suhaidi mengatakan saat ini KPU di kabupaten dan kota sedang melakukan pengecekan kelengkapan masing-masing partai peserta pemilu, melalui verifikasi faktual yang dilakukan di lapangan.

Pengecekan dilakukan mulai dari keanggotaan apakah terdeteksi memiliki data ganda keanggotaan partai, hingga kondisi kantor partai politik.

"Jadi teman-teman di KPU kabupaten dan kota menyiapkan untuk verifikasi administrasi untuk kelengkapan syarat partai yang mendaftar jadi peserta pemilu,"ujar Joni Suhaidi.

Misalnya Joni mengatakan KPU RI biasanya meminta KPU di kabupaten dan kota untuk mencermati kemungkinan keanggotaan ganda yang didaftarkan sebagai syarat keanggotaan parpol.

"Tentunya dengan KTA dan KTP yang ada di Sipol,"ujarnya.

Maka dari pencermatan itu akan diketahui, mana anggota partai politik yang tidak memenuhi syarat.

Sementara itu, komisioner KPU Divisi Sosialisasi Partisipasi masyarakat dan Sumber Daya Manusia Nugroho Noto Susanto, mengatakan saat ini KPU sedang melakukan verifikasi Administrasi syarat kepesertaan Partai Politik pada Pemilu Anggota DPR dan DPRD.

"Di antara syarat yang harus dilengkapi oleh Partai Politik adalah terpenuhinya syarat minimal keanggotaan yang ditandai dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Politik,"ujar Nugi sapaan akrabnya.

Dengan perkembangan teknologi, KPU memanfaatkan sistem informasi untuk melakukan tata kelola pendaftaran, dan verifikasi keanggotaan partai politik.

"Di antara hal baik yang bisa diperoleh dari pemanfaatan sistem informasi tersebut adalah kemudahan untuk identifikasi keanggotaan partai politik,"ujar Nugi.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved