Breaking News:

Berita Siak

Masuk Jaringan Kota Pusaka, Siak Berbenah untuk Pelestarian dengan Pelibatan Multi Pihak

Bupati Siak Alfedri mengatakan terus melakukan pembenahan untuk pelestarian pusaka.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri bersama Menparekraf RI Sandiaga Uno berjalan di kawasan lapangan Siak Bermadah depan istana Siak pada acara TPI 2022, 21 Agustus 2022. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri mengatakan terus melakukan pembenahan untuk pelestarian pusaka.

Sebab Siak masuk ke dalam Jaringan Kota Pusaka dengan dasar peninggalan bersejarah yang sangat banyak ditemui hingga saat ini.

“Siak telah menjadi anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia hingga saat sekarang. Sejak itu pula, kami terus berbenah dalam upaya pelestarian yang dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dari pemerintah, komunitas, dan berbagai institusi terkait di dalam dan luar negeri,” kata Alfedri, Selasa (23/8/2022).

Ia mengatakan, Siak juga semakin dipercaya oleh jaringan Kota Pusaka Indonesia. Buktinya Siak baru saja menjadi tuan rumah Temu Pusaka Indonesia (TPI) 2022 dan pembacaan deklarasi Siak 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bumi Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) atau The Indonesian Heritage Trust.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dan komunitas muda pelestari di Siak, yakni SKELAS dan Heritage Hero dan diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 21 Agustus 2021 lalu kemarin.

Asisten II Setdakab Siak Hendrisan menyampaikan, pihaknya memfasilitasi kegiatan BPPI di Siak selama kegiatan berlangsung. Hari pertama kegiatan adalah kelas pelestarian, bagaimana pengelolaan pusaka Siak.

“Banyak sekali kegiatan pada acara TPI 2022 ini, dan kita sebagai tuan rumah memfasilitasi semua kegiatan tersebut dengan baik,” kata dia.

Ia menyampaikan, Ketua Dewan Pembina BPPI Hashim Djodjohadikusumo dan Menteri Pariwisata dan Ekonoki Kreatif (Menparekraf) juga hadir pada hari kedua kegiatan. Keduanya berpandangan bahwa Siak pantas menyandang kota pusaka di Indonesia dengan kekayaan sejarah yang dimilikinya.

Direktur Eksekutif BPPI Hasbiansyah Zulfahri mengatakan, BPPI merupakan organisasi pelestarian yang mewadahi praktisi maupun pegiat pelestarian dari berbagai daerah di Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved