Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Anggaran DLHK 2023 Rp 123,9 M, DPRD Pekanbaru Pertanyakan Untuk Anggaran dan Pengelolaan Sampah

Pengelolaan dan pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru, dipastikan semua kalangan sepakat harus berubah.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Sampah di Pekanbaru jadi perhatian serius DPRD Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -  Pengelolaan dan pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru, dipastikan semua kalangan sepakat harus berubah.

Tidak lagi dikelola pihak ketiga, tapi disarankan pengelolaannya diserahkan ke masing-masing kecamatan (swakelola).

Rapor merah pihak ketiga (perusahaan), dalam mengelola sampah empat tahun belakangan ini, harus menjadi cerminan bagi Pemko Pekanbaru, untuk tidak lagi memperpanjang kontrak mereka.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan menegaskan, bahwa tidak ada lagi alasan bagi Pemko, untuk menyerahkan lagi pengelolaan sampah ke pihak ketiga.

"Kita memang sudah melihat usulan anggaran DLHK untuk 2023. Makanya kita pertanyakan bagaimana pengelolaan sampah, karena anggaran DLHK itu besar hingga ratusan juta, meski tidak semuanya untuk pengelolaan sampah," tegas Nurul Ikhsan kepada Tribunpekanbaru.com, Rabu (24/8/2022).

Diketahui, anggaran yang diplot TAPD Pemko Pekanbaru, untuk DLHK Pekanbaru tahun 2023, cukup fantastis. Dari laporan Bappeda Pekanbaru ke DPRD Pekanbaru kemarin, DLHK mendapat suntikan anggaran Rp 123,9 miliar.

"Tapi tak dijelaskan berapa untuk sampah. Apakah sama dengan tahun 2022 ini Rp 50 miliar. Ini lah yang kita kupas saat hearing dengan DLHK nanti," janjinya.

Anggota Komisi IV DPRD lainnya Sigit Yuwono ST juga menginginkan, agar pengelolaan sampah tahun 2023 nanti harus swakelola.

"Potret buruk dan trauma masyarakat tentang sampah ini harus berakhir. Dari awal kita inginkan pengelolaan sampah diserahkan ke kecamatan, dengan membentuk UPT-nya," saran Politisi Senior Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru, Roni Pasla juga menegaskan, bahwa persoalan sampah ini mesti di dudukkan kembali sistem pengangkutan, pengelolaan dan juga retribusinya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved