Breaking News:

Forum Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Dikukuhkan

Dalam implementasikan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial

Penulis: Alex | Editor: Ilham Yafiz
ISTIMEWA
Gubernur Riau kukuhkan Forum Kepatuhan dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Penyerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Riau, yang dilaksanakan di Hotel Prime Park Pekanbaru, Selasa (23/8/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dalam implementasikan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dilakukan pengukuhan Forum Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan serta Penyerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Riau, yang dilaksanakan di Hotel Prime Park Pekanbaru, Selasa (23/8/2022).

Deputi Direktur Wilayah Sumbarriau BPJS Ketenagakerjaan, Eko Yuyulianda mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan demi tercapainya kesejahteraan sosial, negara menyelenggarakan pelayanan dan pengembangan kesejahteraan sosial secara terencana, terarah dan berkelanjutan. 

"Salah satu upaya mewujudkan kesejahteraan sosial adalah melalui Jaminan Sosial. Jaminan sosial sebagai skema yang melembaga untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak, terutama pada saat terjadi risiko-risiko sosial," kata Eko dalam kesempatan itu. 

Eko juga menambahkan, kegiatan itu juga merupakan implementasi instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan juga instruksi Presiden RI Nomor 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

"Hal ini juga instruksi Gubernur Provinsi Riau nomor 230 tahun 2021 tentang Peningkatan Kepesertaan program Jamsostek di Provinsi Riau," tambahnya.

Ia juga menyampaikan, kerjasama tersebut dibutuhkan karena perlu ada upaya kemitraan dalam memperoleh dukungan dari para pemangku kepentingan khususnya yang berkaitan dengan fungsi pengawasan dan pemeriksaan guna mendorong Coverage Share perlindungan program Jaminan Sosial Tenaga Kerja bagi masyarakat provinsi Riau melalui Forum Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Selain itu, tujuan dibentuknya forum ini untuk terciptanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja di provinsi Riau melalui program kerja bersama pemangku kepentingan," tambahnya.

Lain dari itu, juga untuk terciptanya kesamaan dalam pemahaman untuk mendukung percepatan implementasi Inpres 02 Tahun 2021, Inpres 02 tahun 2022 dan Instruksi Gubernur No 230 Tahun 2021.

"Tersusunnya program kerja bersama untuk meminimalkan ketidakpatuhan pemberi kerja, hubungan dan komunikasi yang baik meliputi penyampaian saran dan gagasan, pemecahan masalah serta perumusan rencana kerja sama yang strategis. Penegakan hukum dan dukungan regulasi atau kebijakan dari para pemangku kepentingan dalam rangka mendukung upaya penegakan kepatuhan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," tuturnya. (adv)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved