Breaking News:

Berita Siak

Siak Siap Jadi Pioner Pelayanan Publik Berkualitas di Riau

Bupati Siak Alfedri bersama Wakilnya Husni Merza membenahi seluruh sektor dan sub sektor pemerintahan demi peningkatan kualitas pelayanan publik.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Wakil Bupati Siak Husni Merza bersama Kepala Dinas Kesehatan Siak Raja Tonny Chandra menghadiri pembukaan sosialisasi Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah tahun 2022, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Jumat (19/8/2022). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri bersama Wakilnya Husni Merza membenahi seluruh sektor dan sub sektor pemerintahan demi peningkatan kualitas pelayanan publik. S

iak sedang dipersiapkan menjadi pioner pelayanan publik berkualitas di provinsi Riau.

Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan, pembenahan pelayanan publik semata-mata untuk kepentingan masyarakat, meskipun setiap tahun diadakan penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik oleh Ombudsman RI perwakilan Riau.

“Namun demikian kita juga berupaya kuat untuk memenuhi standar yang disampaikan Ombudsman RI bahwa meningkatkan kualitas pelayanan publik dari pemenuhan beberapa standar. Kita siap untuk itu,” kata Husni Merza, Selasa (23/8/2022).

Standar yang dimaksud adalah pelayanan, sarana prasarana, kompetensi penyelenggara layanan dan pengelolaan pengaduan. Bahkan jika perlu, Pemkab Siak harus melebihi standar tersebut demi kualitas sempurna pelayanan publik.

Husni menyebut pihaknya menghadiri pembukaan sosialisasi Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Kementerian / Lembaga / Pemerintah Daerah 2022 di Pekanbaru pada akhir pekan kemarin. Kegiatan tersebut digelar oleh Ombudsman RI Wilayah Provinsi Riau. Kegiatan itu diisi oleh anggota Ombudsman RI Hery Susanto.

“Ombusdman telah memberikan standar pelayanan publik yang harus dicapai oleh pemerintah daerah atau lembaga dan badan negara. Pemkab Siak juga sudah mengindahkan standar itu dan berupaya mencapainya secara sempurna sehingga ditingkatkan lagi demi keperluan masyarakat,” kata dia.

Demi peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik tersebut, Husni mengatakan bahwa Ombusman RI mendorong penyelenggara pelayanan publik untuk mematuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Di Kabupaten Siak sendiri, Pemerintah Daerah terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui Program Bupati Bekerja dan Ngantor (Bujang) di Kampung. Selain itu saat ini juga sedang dibangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di kawasan perkantoran bupati Siak.

"Jadi setiap hari Jumat, Bupati Siak bersama beberapa OPD yang terkait dengan pelayanan, akan bekerja dan berkantor di Kampung selama 1 hari. Dan membuka pelayanan kepada masyarakat, seperti pengurusan KK, KTP, KIA, serta pelayanan lainnya. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari kantor pelayanan", jelas Wabup Husni.

Wakil Bupati Siak Husni Merza juga telah merapatkan terkait pelayanan publik ini bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Raja Tonny Chandra, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Mahadar, Kepala Dinas Dukcapil dan OPD lainnya. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved