Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Dua Puluh Ton Umbi Porang Pekanbaru Perdana Bakal Menembus Pasar Ekspor

Menurutnya, 20 ton umbi porang ini biasanya panen untuk satu hektar lahan budi daya umbi porang. Sedangkan untuk Pekanbaru luas lahan budi daya umbi p

Penulis: Fernando | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Sebanyak 20 ton umbi porang dari Kota Pekanbaru dilepas perdana untuk menembus pasar ekspor, Selasa (23/8/2022).

Proses pelepasan perdana umbi porang ini berlangsung di Koperasi Bersama Kita Bisa (Bakisa), Jalan Teratai, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru.

Puluhan ton umbi porang tersebut bakal masuk pasar ekspor lewat kerjasama dengan PT. Mitra Porang Nusantara yang berbasis di Perawang, Kabupaten Siak.

Umbi porang merupakan satu produk unggulan ekspor ke sejumlah negara di antaranya Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Australia hingga Korea.

"Untuk perdana ini kita kirimkan kurang lebih 20 ton dari hasil petani di Pekanbaru yang sudah tiga tahun tanam," jelas Ketua Koperasi Bakisa, Eka Yanuar Putra di sela pelepasan.

Menurutnya, 20 ton umbi porang ini biasanya panen untuk satu hektar lahan budi daya umbi porang. Sedangkan untuk Pekanbaru luas lahan budi daya umbi porang ini hampir mencapai 53 hektar yang mesti dikembangkan.

Potensi umbi porang di Kota Pekanbaru bila seluruh lahan budi daya panen pun mencapai 1.060 ton.

Petani binaan yang menanam umbi porang tidak hanya di bawah naungan Koperasi Bakisa. Mereka juga tergabung dalam DPC Petani Penggiat Porang Nusantara (PPPN) Pekanbaru sebanyak 85 orang petani.

Dirinya menyebut bahwa tidak semua petani yang panen pada pelepasan perdana kali ini. Ia menyebut ada beberapa lokasi budi daya umbi porang sudah panen yakni Palas, Kulim, Umban Sari dan Suka Karya.

Koperasi yang ada menaungi petani untuk dijual ke pabrik di Perawang. Koperasi ini miliki anggota petani umbi porang baru sebanyak 20 orang tapi jumlahnya bisa bertambah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved